Kamis 19 Jan 2017 06:32 WIB

Menhub Gelontorkan Bantuan ke Provinsi Maluku untuk HPN 2017

Rep: Ali Mansur/ Red: Hazliansyah
Tim HPN bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Foto: Dokumentasi Panitia HPN
Tim HPN bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Provinsi Maluku dipastikan mendapat banyak bantuan langsung dari pemerintah pusat terkait penyelenggaraan Hari Pers Nasional 2017. Kementerian Perhubungan menggelontorkan banyak bantuan langsung untuk menopang transportasi dan juga sumber daya manusia di Provinsi Maluku.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menggelar rapat dengan Gubernur Maluku Said Assagaf dan juga Panitia HPN 2017 di Kementerian Perhubungan, Rabu, (18/1). Rapat membahas program-program dan bantuan dari Kemenhub yang akan diterima oleh Provinsi Maluku.

Bantuan pertama yang diberikan adalah Bus BRT kapasitas 48 seats sebanyak 16 unit. Bus perintis ini nantinya akan diserahkan pada saat peringatan puncak HPN 2017 oleh Presiden Jokowi.

"Silakan nanti Gubernur yang pilih, Kabupaten/Kota mana yang layak menerima. Tapi kami butuh kepastian bahwa bus ini akan dirawat dengan baik," tegas Menhub, Rabu (18/1)

Bantuan kedua, yakni dua buah kapal penyeberangan yang sudah siap untuk beroperasi. Kapal ini adalah jenis kapal ASDP. Bantuan ketiga adalah yang nantinya akan menjadi ikon bagi provinsi Maluku, dan juga merupakan bantuan yang paling penting karena menyangkut pembangunan sumber daya manusia yakni Pendidikan Vokasi.

Bantuan ke empat adalah Pembinaan Pelayaran Rakyat, berupa pemberian life jacket dan bantuan subsidi kepada pengusaha-pengusaha kapal di Maluku. Kemudian sumbangsih terakhir dari Menhub dalam perhelatan HPN 2017 di Ambon nanti adalah Aktualisasi Tol Laut dan Tol Logistik Laut.

Program-program yang digelontorkan Menhub kepada Maluku akan mendukung rakyat Maluku bangkit dari laut dan semakin memberikan kepercayaan penuh kepada pemerintah.

Gubernur Maluku Said Assagaf menyatakan, menyelenggarakan event-event besar skala nasional memang sudah menjadi prioritas dari Pemprov Maluku. Kebijakan itu efektif untuk "mengebut" pembangunan Provinsi Maluku yang masih tertinggal dibanding daerah lain di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Penanggung Jawab HPN 2017 Margiono turut mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan atas program dan bantuan yang diberikan kepada Provinsi Maluku.

Margiono mengatakan, HPN memang bertujuan untuk memberikan dampak konkret kepada tuan rumah HPN setiap tahunnya untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat dan bangsa, utamanya masyarakat Maluku di HPN edisi kali ini. Program Kemenhub sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat Provinsi Maluku.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement