Selasa 17 Jan 2017 17:29 WIB

Kementan Gelontorkan Rp 20 Miliar untuk 10 Juta Benih Cabai

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Nidia Zuraya
Pohon cabai rawit
Foto: Pinteres
Pohon cabai rawit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pertanian (Kementan) akan membagikan 10 juta benih senilai Rp 20 miliar pada tahun ini. Benih tersebut akan diberikan kepada rumah tangga seluruh Indonesia untuk ditanam di pekarangan.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Muhammad Syakir mengatakan, benih yang dibagikan merupakan benih sebar. Artinya benih sudah siap tanam dengan perlakuan yang baik.

Selain benih, Kementan juga sekaligus menyiapkan polibag dan pupuk. Tahun ini menjadi yang terbesar dalam alokasi benih cabai untuk dibagikan.

"Sebelumnya ada, tapi nggak sebesar sekarang ini," ujar dia usai bertemu dan memberikan benih cabai kepada Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) di Thamrin City Jakarta, Selasa (17/1).

Angka ini berdasarkan keinginan Menteri Pertanian Amran Sulaiman untuk mengakselerasi dan meningkatkan partisipasi lapisan masyarakat, termasuk wanita. Selain pemberian benih, pendampingan juga akan diberikan.

Dalam kesempatan yang sama, Amran mendorong penanaman tanaman sayuran di pekarangan oleh rumah tangga. Cara tersebut menurutnya akan menghemat pengeluaran ibu rumah tangga.

"Jika satu rumah tangga mengurangi Rp 1 juta biaya sayuran dikali 60 juta rumah tangga bisa menghemat Rp 60 triliun sebulan," katanya, melakukan perhitungan penghematan yang didapat dalam waktu satu bulan dengan melakukan penanaman sayuran di pekarangan.

Kelebihan lainnya dengan menanam di pekarangan adalah sayur masih dalam keadaan segar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement