Senin 09 Jan 2017 15:50 WIB

Bulog Jember Gelar Operasi Pasar Cabai

Pedagang menata cabai rawit dagangannya di pasar tradisional.
Foto: Antara/Umarul Faruq
Pedagang menata cabai rawit dagangannya di pasar tradisional.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre XI Jember, Jawa Timur, menggelar operasi pasar cabai di sejumlah lokasi untuk menstabilkan harga cabai di pasaran. Harga cabai di pasar Jember saat ini sudah menembus di kisaran Rp 95 ribu hingga Rp 100 ribu per kilogram (kg).

"Hari ini operasi pasar cabai rawit merah dan cabai rawit hijau dilakukan di tiga titik, yakni di depan Kantor Bulog Sub Divre XI Jember yang berada di Kecamatan Sumbersari, kemudian di Perumahan Tegalbesar Permai dan Perumahan Bumi Mangli Permai di Kecamatan Kaliwates," kata Kepala Bulog Sub Divre XI Jember Khozin saat dihubungi dari Jember, Senin (9/1).

Menurutnya, tingginya harga cabai di pasaran membuat Bulog sebagai stabilisator harga harus ikut turun menjalankan tugasnya, sehingga digelar operasi pasar cabai untuk menekan harga komoditas bumbu dapur tersebut yang meroket.

"Harga cabai kami jual kepada masyarakat lebih murah sekitar 10-20 persen dibandingkan harga di pasaran umum dan hal itu untuk tetap menjaga daya beli masyarakat di saat harga yang melambung tinggi," tuturnya.

Ia mejelaskan harga cabai yang dijual dalam operasi pasar tersebut tentunya lebih murah dibandingkan harga di pasaran karena Bulog menjual cabai rawit merah seharga Rp 84 ribu per kg, sedangkan harga di pasaran saat ini berkisar Rp 95 ribu hingga Rp 100 ribu per kg.

"Untuk cabai rawit hijau dalam operasi pasar dijual seharga Rp 40 ribu per kilogram dan lebih murah dari harga di pasaran yang sekarang mencapai Rp 50 ribu per kilogram," katanya.

Khozin menjelaskan Bulog Jember menyiapkan cabai sebanyak 1 kuintal per titik, sehingga dengan ada tiga titik operasi pasar, maka pihaknya menyiapkan sebanyak 3 kuintal untuk hari pertama ini dengan rincian 1,5 kuintal cabai rawit merah dan 1,5 kuintal cabai rawit hijau.

Secara teknis, cabai tersebut dijual dalam bentuk kemasan dengan berat 1/4 kg dengan harga Rp 21 ribu untuk cabai rawit merah dan Rp 10 ribu untuk cabai rawit hijau, sehingga memudahkan masyarakat untuk membeli cabai tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement