Sabtu 07 Jan 2017 06:40 WIB

Pemerintah Tingkatkan Kontribusi UMKM Terhadap PDB

Pengusaha UMKM
Foto: Ditjen Pajak
Pengusaha UMKM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kontribusi koperasi dan Usaha mikro kecil menengah (UMKM) terhadap produk domestik bruto (PDB) diupayakan akan terus ditingkatkan seiring semakin banyaknya program pemberdayaan yang dilakukan.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram mengungkapkan sasaran pengembangan koperasi dan UMKM yang akan diwujudkan pada periode 2015-2019 adalah meningkatkan kontribusi koperasi dan UMKM terhadap PDB. "Kami targetkan kontribusi koperasi dan UMKM bisa terus meningkat," katanya di Jakarta, Jumat (6/1).

Ia mengatakan, selama ini UMKM kontribusinya cukup besar yakni mencapai lebih dari 61 persen terhadap PDB. Agus menekankan sebanyak 98,4 persen diantaranya disumbang usaha mikro dengan aset di bawah Rp 50 juta dan omzet Rp 300 juta per tahun.

Pihaknya juga menargetkan untuk mampu meningkatkan daya saing dan mendorong pertumbuhan produktivitas UMKM rata-rata sebesar 5-7 persen pertahun.  Target kementerian itu selanjutnya yakni meningkatkan usaha baru yang berpotensi tumbuh dan inovatif yang ditunjukkan oleh jumlah pertambahan wirausaha baru sebesar 1 juta unit dalam lima tahun yang dikontribusikan dari program nasional dan daerah. 

"Kami juga ingin meningkatkan kinerja kelembagaan dan usaha koperasi, yang ditunjukkan oleh peningkatan partisipasi anggota koperasi dalam permodalan dari sebesar 52,5 persen menjadi 55 persen dalam lima tahun, dan pertumbuhan usaha koperasi rata-rata sebesar 15,5-18 persen pertahun," katanya.

Agus menambahkan, arah kebijakan dan strategi yang akan ditempuh meliputi peningkatan kualitas SDM, peningkatan akses pembiayaan dan perluasan skema pembiayaan, peningkatan nilai tambah produk dan jangkauan pemasaran, penguatan kelembagaan usaha, serta kemudahan, kepastian, dan perlindungan usaha.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement