Kamis 05 Jan 2017 19:36 WIB

Penumpang Libur Natal dari DAOP Jakarta Naik 13 Persen

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih
Calon penumpang membeli tiket kereta api menggunakan EKios Tiket KAI di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (3/9).
Foto: Republika/ Wihdan
Calon penumpang membeli tiket kereta api menggunakan EKios Tiket KAI di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (3/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hingga dengan hari ke-13 masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2016/2017, atau tanggal 4 Januari 2017, PT KAI Daop 1 Jakarta telah mengangkut sebanyak 460.512 penumpang. Sebanyak 164.841 penumpang dari Stasiun Gambir, 274.772 penumpang dari Stasiun Pasarsenen, dan sisanya 20.899 penumpang dari stasiun keberangkatan lain yang berada di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta.

Senior Manager Humas DAOP I, Sapto Hartoyo, Kamis (5/1) mengatakan jumlah penumpang yang diangkut tahun ini meningkat 13 persen, dalam kurun waktu yang sama, jika dibandingkan tahun lalu yakni sebesar 406.867 penumpang. Pada masa Angkutan Nataru 2016/2017 ini, PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan 77 kereta api (KA) terdiri dari 52 KA reguler, 8 KA fakultatif, serta 17 KA tambahan, jumlah ini meningkat 17 persen dibandingkan jumlah KA tahun lalu yang hanya 66 KA.

Sementara itu, masa liburan sekolah yang masih tersisa beberapa hari lagi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bepergian. Bagi penumpang yang hendak bepergian menggunakan moda transportasi KA, sampai tanggal 8 Januari 2017 masih banyak tersedia tiket untuk KA keberangkatan dari Stasiun Gambir.

KA-KA yang tujuan kota-kota besar di pulau Jawa seperti Cirebon, Semarang, Surabaya, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, maupun Malang tersedia dalam kisaran 50 persen. Hanya KA Argo Parahyangan (Jakarta–Bandung), dan Taksaka (Jakarta–Yogyakarta) yang ketersediaan tiketnya di bawah 20 persen. Sedangkan untuk KA keberangkatan dari Stasiun Pasarsenen, hanya KA Gaya Baru Malam (Jakarta–Surabaya Gubeng), Matarmaja (Jakarta–Malang), Brantas (Jakarta–Kediri), Bengawan (Jakarta–Solo Purwosari) yang sudah habis terjual sampai tanggal 8 Januari.

KA lainnya masih tersedia tiketnya, berkisar 60 persen dari tempat duduk yang disediakan. Data ini bersifat online, dan ketersediaan tiket dapat berubah dalam hitungan detik.

"Masyarakat yang ingin mendapatkan tiket KA tersebut dapat melakukan pemesanan tiket di loket penjualan di stasiun online, Contact Center 121, channel eksternal penjualan tiket PT KAI, aplikasi KAI Access, dan internet reservation," ujar dia.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement