Kamis 05 Jan 2017 19:14 WIB

Harga Cabai Rawit di Sukabumi Naik Rp 10 Ribu per Hari

Rep: Riga Iman/ Red: Nur Aini
Seorang pedagang menata dagangan cabainya. (ilustrasi)
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Seorang pedagang menata dagangan cabainya. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI — Harga komoditas cabai rawit merah di pasar tradisional Kota Sukabumi makin melambung tinggi. Saat ini harganya di pasaran telah menembus Rp 90 ribu per kilogram.

"Dari pantauan di pasar menyebutkan harga cabai rawit merah terus naik,’’ kata Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Sukabumi Wahyu Setiawan kepada wartawan Kamis (5/1).

Kenaikan per harinya bisa mencapai Rp 10 ribu per kilogram. Harga cabai rawit merah saat ini dijual pada kisaran Rp 90 ribu per kilogram. Sehari sebelumnya harga cabai rawit merah hanya Rp 80 ribu per kilogram. Lonjakan harga cabai ini ungkap Wahyu, disebabkan menurunnya pasokan dari petani di sejumlah sentra sayuran.

Sementara di sisi lain permintaan dari konsumen tetap dan terkadang mengalami peningkatan. Sesuai dengan hukum pasar kata Wahyu, maka harga cabai rawit merah mengalami kenaikan. Kondisi ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga pasokan cabai normal. Salah seorang pedagang sayuran di sekitar Pasar Pelita Kota Sukabumi Herman (43 tahun) mengatakan, harga cabai rawit merah memang paling tinggi kenaikannya dibandingkan dengan yang lain. "Harganya terus naik karena pasokannya berkurang,’’ ujarnya.

Baca juga: Petani tak Nikmati Keuntungan dari Kenaikan Harga Cabai

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement