Kamis 05 Jan 2017 15:52 WIB

Cabai Busuk Pun Dihargai Mahal

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Nidia Zuraya
Cabai, ilustrasi
Cabai, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Harga cabai rawit di pasar-pasar tradisional di wilayah Kabupaten Banyumas, masih bertahan tinggi. Bahkan hal ini telah memicu cabai rawit busuk yang biasanya tidak laku dijual, kini menjadi banyak dicari pembeli. Harga jual cabai rawit busuk ini juga lumayan tinggi.

''Sekarang, cabai rawit busuk juga laku dijual Rp 30 ribu,'' kata Minarti (45 tahun), seorang pedagang sayuran di Pasar Wage, Kamis (5/1).

Menurut dia, kebanyakan konsumen yang membeli cabai rawit busuk ini adalah para pedagang makanan, seperti pedagang bakso dan soto. Mereka menggunakan cabai busuk ini untuk bahan membuat sambal. ''Cabai busuk ini biasanya dicampur dengan cabai yang masih segar,'' ujarnya.

Dia menyebutkan, cabai busuk yang banyak dibeli pedagang makanan tersebut, bukan cabai yang memang benar-benar sudah busuk karena lama tidak dimanfaatkan. Melainkan cabai yang tanamannya terkena penyakit sehingga bagian dalam buahnya sudah berwarna cokelat. ''Bagian luarnya biasanya masih bagus, hanya bagian dalamnya yang sudah tidak bagus,'' katanya.

Selain itu, cabai rawit seperti ini sebenarnya juga tidak akan terasa pedas. Hal ini karena tanamannya sudah terserang penyakit saat buah cabai masih muda.

Sementara, mengenai harga cabai rawit yang masih sehat, Minarti menyatakan masih stabil di tingkat harga Rp 120 ribu per kg. ''Itu kalau belinya eceran. Kalau belinya kiloan, Rp 110 ribu per kg,'' katanya.

Tingkat harga cabai rawit setinggi tersebut, juga bertahan di Pasar Karanglewas. Burhan (42), seorang pedagang di pasar tersebut, menyatakan, pasokan cabai rawit masih belum lancar sehingga masih bertahan tinggi. ''Harga cabai rawit masih bertahan Rp 120 ribu per kg,'' katanya

Dia menyebutkan, lonjakan harga cabai rawit merah mulai terjadi sejak minggu ketiga bulan Desember atau menjelang Natal 2016. Harga cabai rawit merah yang semula pada kisaran Rp 65 ribu, berangsur-angsur mengalami kenaikan harga hingga saat ini mencapai Rp 120 ribu per kg.

Meski demikian dia menyatakan, harga cabai besar saat ini masih relatif stabil. Harga cabai merah besar stabil di kisaran Rp 60 ribu per kg, sedangkan harga cabai merah keriting berkisar Rp 43 ribu per kg. ''Yang masih agak mahal cabai rawit hijau. Harganya mencapai Rp 80 ribu per kg,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement