Selasa 03 Jan 2017 15:10 WIB

Harga Cabai Melonjak Hingga Rp 100 Ribu per Kg

Cabai
Foto: dok republika
Cabai

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Harga cabai di sejumlah pasar tradisional sekitar Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melonjak hingga mencapai 100 ribu per kilogram (kg) akibat minimnya pasokan cabai ke pasar tradisional.

"Kenaikan harga berbagai jenis cabai ini sudah terjadi sejak beberapa pekan lalu," kata Dasuki, seorang pedagang di Pasar Perumnas Telukjambe Karawang, Selasa (3/1). 

Ia mengatakan, kenaikan harga yang paling signifikan terjadi pada cabai rawit. Beberapa hari sebelumnya Rp 85 ribu-90 ribu per kg, tapi kini sudah mencapai Rp 100 ribu per kg. 

Kenaikan harga cukup tinggi juga terjadi pada komoditas cabai rawit hijau dan cabai rawit merah, dari sekitar Rp 45 ribu-50 ribu kini mencapai Rp 60 ribu-70 ribu per kg. Begitu juga dengan harga cabai keriting, naik dari Rp 70 ribu per kg menjadi Rp 80 ribu per kg.

Ia mengatakan, kenaikan harga itu sudah terjadi sejak para pedagang membeli komoditas cabai di Pasar Induk Cikopo. Para pedagang di pasar induk itu beralasan kenaikan harga komoditas cabai terjadi akibat minimnya pasokan.

"Kenaikan harga komoditas cabai ini membuat para pedagang mengambil untung sedikit, hanya meraup untung Rp 15ribu-20 ribu per kilogram," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement