Kamis 29 Dec 2016 15:18 WIB

PGN Berkomitmen Terus Tambah Pelanggan Baru

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas perusahaan Gas Negara (PGN) melakukan pengecekan meteran saluran pipa gas di Perumahan Permata Harjamukti, Cirebon, Jawa Barat, Senin (17/10).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Petugas perusahaan Gas Negara (PGN) melakukan pengecekan meteran saluran pipa gas di Perumahan Permata Harjamukti, Cirebon, Jawa Barat, Senin (17/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) terus memperluas jaringan gas bumi di berbagai daerah, agar makin banyak masyarakat yang bisa merasakan manfaat penggunaan energi baik gas bumi. Pada 2016 ini PGN telah menambah pemanfaatan gas bumi di Cilegon sebanyak 117 pelanggan baru, Tangerang 213 pelanggan baru, Jakarta 192 pelanggan baru, Surabaya 3.537 pelanggan baru, dan Sidoarjo sebanyak 1.184 pelanggan baru.

"PGN juga menambah pelanggan baru di Tengerang, Bogor, Bekasi, Karawang, Cirebon, Medan, Batam, Semarang, Blora dan banyak daerah lainnya," kata Vice President Corporate Communication PGN Irwan Andri Atmanto dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (29/12).

Irwan menjelaskan, gas bumi yang disalurkan PGN saat ini telah dinikmati lebih dari 119.960 pelanggan rumah tangga dan 1.929  usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan. Selain itu, PGN juga telah menyalurkan gas bumi untuk 1.630 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

Pelanggan PGN yang menikmati gas bumi tersebut dialirkan melalui infrastruktur pipa gas bumi yang tersebar di berbagai daerah, mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara serta Papua. Tahun ini, PGN telah memperluas jaringan distribusi gas bumi mulai dari Batam yakni di Kepulauan Riau sepanjang 27 km, dan Muara Karang-Muara Bekasi sepanjang 42 km.

Kemudian, PGN juga melakukan pengembangan distribusi gas bumi Jawa Barat sepanjang 43 km, Sidoarjo sepanjang 32 km, Surabaya 23 km, Pasuruan 2 km dan perluasan program PGN Sayang Ibu dengan total panjang pipa yang dibangun tahun ini lebih dari 195 km. Hingga saat ini PGN memiliki dan mengoperasikan jaringan pipa gas bumi lebih dari 7.200 km atau sekitar 78 persen dari jaringan pipa gas bumi hilir di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement