Senin 26 Dec 2016 00:26 WIB

Puluhan Ton Gula di Bima Rusak Terendam Air

Banjir menggenangi sejumlah titik di Kelurahan Sadia, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (24/12).
Foto: Republika/M. Nursyamsyi
Banjir menggenangi sejumlah titik di Kelurahan Sadia, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (24/12).

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA BIMA -- Sekitar 20 ton gula pasir untuk kegiatan operasi pasar murah yang tersimpan di gudang Badan Urusan Logistik Subdivre Bima rusak akibat terendam banjir bandang yang terjadi pada Rabu (21/12).

"Bisa dilihat sendiri gulanya sudah mencair karena terendam air selama berhari-hari," kata Humas Perum Bulog Divisi Regional NTB Syawaludin Susanto di Kota Bima,, Ahad.

Ia mengatakan, petugas tidak bisa mencegah masuknya air ke dalam gudang. Sebab air yang mengalir cukup deras dengan ketinggian mencapai tiga meter. Banjir yang cukup deras juga menyebabkan bangunan tembok pagar sepanjang 10 meter dan gerbang kantor gudang roboh.

Selain itu, tembok gudang penyimpanan beras GBB 1 jebol sepanjang enam meter, sehingga air dengan mudah masuk menggenangi beras dan gula pasir di dalamnya.

"Petugas gudang saja terperangkap di atas pohon karena air di area gudang dan sekitarnya mencapai tiga meter," katanya.

Selain gula pasir, kata pria yang biasa disapa Anto ini, banjir juga merusak ratusan ton beras yang berada di tiga gudang penyimpanan Jatiwangi, Kota Bima.

Beras dan gula pasir yang sudah rusak tersebut sudah dilaporkan ke Bulog pusat untuk ditindaklanjuti dalam bentuk kebijakan pemusnahan.

Sebab, jika dibiarkan terlalu lama, beras dan gula pasir tersebut menimbulkan bau yang tidak sedap. "Sesuai standar operasional prosedur, beras yang sudah terendam banjir dimusnahkan. Kalau gula pasir yang rusak hanya dilaporkan saja karena barangnya sudah mencair," ujar Anto.

Baca juga, Ratusan Ton Beras Bulog Bima Terendam Banjir.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement