Selasa 20 Dec 2016 18:56 WIB

Hasanah Empowerment Dorong Pengembangan UMKM

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Dwi Murdaningsih
 Pengunjung melihat pameran UMKM Sumatera Barat di Jakarta, Selasa (17/6)
Foto: Republika/ Wihdan
Pengunjung melihat pameran UMKM Sumatera Barat di Jakarta, Selasa (17/6)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BNI Syariah melakukan pengembangan UMKM melalui program Hasanah Empowerment. Para pelaku UMKM yang tergabung dalam program ini kemudian disebut sebagai Duta Hasanah.

Duta Hasanah BNI Syariah merupakan sosok masyarakat yang memiliki kobtribusi besar bagi daerahnya dari sisi penggerakan ekonomi kreatif di bidang lingkungan, ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Direktur Utama BNI Syariah Imam Teguh Saptono mengatakan, program ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM di Indonesia.

Apalagi, sejak 2015 Kementerian Koperasi dan UMKM membuat berbagai program, dan skim pembiayaan modal usaha yang diperuntukkan bagi wirausaha pemula/start up melalui gerakan 1000 startup hingga 2020.

"Kami berharap dengan adanya program Hasanah Empowerment, BNI Syariah dapat menjadi mitra bisnis bagi para pelaku UMKM untuk mendukung bisnisnya dengan program pendampingan berkelanjutan, sehingga kedepannya semakin banyak terbentuk komunitas bisnis," ujar Imam di Jakarta, Selasa (20/12).

Imam mengatakan, pada 2017 mendatang BNI Syariah secara internal berkomitmen untuk menggunakan produk- produk yang dibuat oleh para Duta Hasanah sebagai corporate gift. Selain itu, melalui Duta Hasanah diharapkan dapat terjalin jaringan dan dapat membangun toko online yang menju produk halal dengan sistem pembayaran syariah, serta nantinya BNI Syariah dapat menjadi payment gateway.

Setiap Duta Hasanah memperoleh dana sebesar Rp 80 juta untuk pembinaan antara 30-50 orang di sekitar lingkungannya. Imam mengharapkan, melalui program Hasanah Empowerment dapat menciptakan 120 entrepreneur baru setiap tahunnya. Selain itu, diharapkan sinergi yang dibangun antar Duta Hasanah dapat membangun perekonomian daerah.

Salah satu Duta Hasanah dari Bali yakni Abdul Hamid Rasyid  mengatakan, program ini dapat meningkatkan keterampilan dan penghasilan para binaan. Hamid menggerakkan masyarakat di sekitarnya untuk mendapatkan kehidupan yang layak dari usaha budidaya rumput laut.

"Alhamdulillah, saya dan masyarakat di Desa Singaraja berterima kasih dengan BNI Syariah karena melalui program ini skim dana yang digunakan bersifat bergulir sehingga dapat terus memberikan manfaat bagi banyak orang yang membutuhkan," ujar Hamid.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement