REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Menteri BUMN Rini M Soemarno mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk terus maju dan berkembang. Melalui Rumah Kreatif yang telah tersebar di sejumlah Kabupaten/Kota, pelaku UMKM diajak untuk semakin meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usahanya.
“Rumah Kreatif ini tujuannya merupakan wadah untuk kita bisa mendorong UMKM yang ada agar bisa naik kelas, dan memberikan kesempatan bagi UMKM baru untuk masuk,” tutur Rini Soemarno usai meresmikan Rumah Kreatif BUMN Solo-Bank BRI di Jalan Adi Sucipto Manahan, Solo pada Ahad (11/12) pagi.
Lebih lanjut dia menjelaskan, dengan kolaborasi penuh dengan PT Telkom serta Perbankan, membuat pelaku usaha dimudahkan khusunya dalam melakukan pemasaran produk. Produk milik pelaku UMKM yang bergabung dengan rumah kreatif akan dipasarkan melalui situs belanja.com. Dengan begitu pemasaran produk UMKM pun akan lebih meluas. Selain itu, jelas dia, pelaku UMKM diberikan pembinaan dan pelatihan untuk terus meningkatkan kualitas produksinya, melahirkan inovasi, untuk meningkatkan daya saing.
“Ada 45 juta UMKM tapi kokj 10 tahun masih mikro, 15 tahun masih juga mikro, karena itu kami ingin mereka naik kelas, yang mikro jadi kecil, yang kecil jadi menengah, sebab pelaku usaha lain itu akan terus tumbuh,” kata dia.
Saat ini terdapat sekitar 100 rumah kreatif yang didirikan oleh BRI, BNI, BTN, Bank Mandiri, PLN, Pertamina dan Telkom. Kementrian BUMN pun menargetkan pada 2017 terdapat 514 rumah kreatif yang tersebar di setiap Kabupaten dan Kota se-Indonesia. Sementara itu dengan keberadaan RKB, Bank BRI telah memiliki 17 RKB yang tersebar di seluruh Indonesia, di mana yang lainnya berada di Yogyakarta, Gianyar, Mataram, Manado, Makassar, Bukittinggi, Serang, Jakarta, Tasikmalaya, Pekalongan, Sidoarjo, Banjar, Banda Aceh, Jayapura, Kendari dan Bandung.