Senin 05 Dec 2016 16:00 WIB

Jokowi Targetkan Tol Balikpapan-Samarinda Selesai Akhir 2018

Rep: Halimatus Sa'diah/ Red: Bilal Ramadhan
Proyek jalan tol Samarinda-Balikpapan, Kaltim
Foto: antarafoto
Proyek jalan tol Samarinda-Balikpapan, Kaltim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menargetkan pembangunan jalan tol yang menghubungkan Balikpapan dan Samarinda akan selesai pada akhir 2018 mendatang. Hal itu disampaikan Presiden di sela-sela kunjungan kerjanya di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (5/12).

Ia mengaku telah mendapat laporan dari Gubernur Kalimantan Timur bahwa pembebasan lahan sudah selesai. Karenanya, pemerintah optimistis pengerjaan konstruksi akan berjalan cepat dan selesai sesuai rencana.

"Sekarang penyelesaiannya ada di kementerian. Ini akan diselesaikan maksimal akhir 2018,” ucap Presiden, seperti dituturkan Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

Selain itu, Jokowi juga menanggapi permintaan warga yang menginginkan agar jalan tol tersebut diteruskan hingga ke Kota Bontang, Kalimantan Timur. Presiden mengaku telah mendiskusikan permintaan itu dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Ia mengisyaratkan persetujuan untuk meneruskan pembangunan jalan tersebut dengan pembangunan ruas Samarinda-Bontang. “Kalau jalan ini selesai semua, biaya untuk logistik, sembako menjadi murah, biaya transportasi murah sehingga harga barang akan murah pada akhirnya,” ungkap Presiden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement