Sabtu 12 Nov 2016 11:37 WIB

Menteri BUMN dan Bupati Tabanan Tandatangani MoU Kembangkan Desa Wisata

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia, Rini Mariani Soemarno (keempat dari kanan) bersama Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti (ketiga dari kiri) menyaksikan penandatanganan nota kesepakatan peresmian Desa Pinge sebagai Desa Wisata Bi
Foto: ist
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia, Rini Mariani Soemarno (keempat dari kanan) bersama Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti (ketiga dari kiri) menyaksikan penandatanganan nota kesepakatan peresmian Desa Pinge sebagai Desa Wisata Bi

REPUBLIKA.CO.ID, TABANAN -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Mariani Soemarno bersama Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti sepakat menandatangani nota kesepakatan kemajuan pariwisata, Jumat (11/11). Memorandum of Undesrstanding (Mou) dibuat terkait peresmian Desa Pinge sebagai Desa Wisata Binaan sinergi BUMN dan Program Home Stay untuk Negeri, di Desa Pinge, Marga, Tabanan, Privinsi Bali.

“Tujuan dari program ini adalah untuk Desa Pinge ini dapat kita bantu untuk mengembangkan pariwisata sehingga makin menarik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara, Sehingga tahun depan kunjungan dari mancanegara ditargetkan hingga 20 Juta orang " ujar Rini sembari memuji keasrian Desa Pinge.

Niatan Rini bukan hanya berharap menjalankan program yang meningkatkan pendapatan Negara tetapi juga melihat peluang dapat meningkatkan pendapatan daerah itu sendiri. "Kita ingin betul-betul membina Desa Pinge yang memang Desa Wisata ini menjadi makin baik, bukan saja bisa membantu negara menambah wisatawan tetapi yang paling utama kita bisa membantu masyarakat di Desa Pinge ini, sehingga pendapatan masyarakatnya meningkat dan menjadi lebih sejahtera, itulah tujuan yang paling utama dengan adanya peresmian Desa Wisata ini," jelas Rini.

Penandatanganan tersebut turut disaksikan oleh Sekkab Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tabanan Sri Labantari, beserta perwakilan perusahaan-perusahaan BUMN yang hadir disana, diantaranya Direktur ITDC Abdulbar M. Mansoer, PWC, Patra Jasa dan lainnya. Hadir juga Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan I Wayan Adnyana, Kepala Bappeda Tabanan I.B.Wiratmaja.

“Di sini sudah hadir perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata, ada ITDC, PWC, Patra Jasa, dan lainnya, sekarang kita sudah bersatu dan bekerjasama kita namakan Hotel Indonesia Grup," harap Menteri Rini.   

Sementara itu, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengucapkan terima kasih kepada Menteri BUMN dan seluruh undangan yang sudah hadir di Tabanan. "Sangat besar harapan saya dengan adanya MOU ini, kerjasama antara BUMN dan Kabupaten Tabanan kedepan bisa dilanjutkan lebih tinggi lagi dengan Desa Pinge, bukan saja di Desa Pinge namun di desa-desa lainnya di Tabanan, karena Tabanan mempunyai banyak desa yang memiliki potensi Desa Wisata," harapnya.

"Melalui acara ini, saya juga berharap mudah-mudahan kedatangan Ibu Menteri bisa memberikan semangat bagi Tabanan untuk membangun, juga memberikan semangat juga bagi Desa Pinge sendiri untuk mempertahankan wisata desanya," tegas Eka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement