Rabu 09 Nov 2016 14:29 WIB

Pelindo III akan Percepat Proses Bongkar Muat Logistik Pangan

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nur Aini
Suasana bongkar muat peti kemas di pelabuhan Jakarta International Countainer Terminal (JICT), Jakarta, Senin (17\10).
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Suasana bongkar muat peti kemas di pelabuhan Jakarta International Countainer Terminal (JICT), Jakarta, Senin (17\10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama Pelindo III, Orias Petrus Moedak mengatakan salah satu langkah yang ditempuh Pelindo III untuk mengurangi disparitas harga pangan di Indonesia adalah mempercepat proses bongkar muat. Hal ini yang menjadi salah satu fungsi dari mempercepat waktu bongkar muat atau dwelling time.

Orias mengatakan pihaknya memang tak mengetahui isi kontainer. Namun, karena berbagai jenis logistik masuk, untuk mengantisipasi adanya kerusakan barang logistik pangan karena proses bongkar muat, pihaknya mempercepat proses bongkar muat dengan efektifitas dwelling time.

"Kita sudah kerahkan alat dan mengembangkan pelabuhan agar proses bongkar muat lebih cepat, jadi distribusi pangan juga lebih cepat," ujar Orias saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (9/11).

Orias mengatakan sudah menjadi amanat presiden untuk mendukung tol laut agar memperlancar proses distribusi pangan yang cepat dan efisien. Hal ini mengingat disparitas harga yang terjadi di beberapa daerah menjadi masalah yang harus segera diputuskan.

"Proses logistik memang menjadi perhatian pemerintah saat ini. Semua pihak diminta pemerintah untuk melakukan kerja sama untuk mengentaskan disparitas harga," ujar Orias.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement