Selasa 01 Nov 2016 08:46 WIB

KAI Luncurkan KA Ranggajati Layani Perjalanan Cirebon-Jember

Red: Nur Aini
PT Kereta Api Indonesia (Ilustrasi)
Foto: Antara
PT Kereta Api Indonesia (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI Daop) III Cirebon, Jawa Barat, Selasa meluncurkan KA Ranggajati relasi Cirebon-Jember.

"Kami ingin melayani masyarakat Cirebon dan sekitarnya yang ingin berpergian ke Jawa bagian timur melalui jalur selatan, maka untuk itu dilauncinglah KA Ranggajati ini," kata Vice President PT KAI Daerah Operasi III Cirebon Mohammad Elly di Cirebon, Selasa (1/11).

Ia menuturkan dengan adanya KA Ranggajati diharapkan nantinya bisa melayani masyarakat pengguna jasa kereta dari Cirebon. Karena, menurutnya, selama ini kereta dari Cirebon yang langsung menuju ke Jawa bagian timur melalui jalur selatan belum ada dan sering juga para pengguna tidak mendapatkan tiket.

"Yang dari Cirebon ke Jawa bagian timur baru kali ini ada dan diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Manajer Humas Daop III Cirebon Krisbiyantoro menuturkan dibukanya trayek baru ini sangat memungkinkan membuka peluang bagi para pengusaha untuk memperluas jaringan usahanya.

Kereta baru ini akan transit di beberapa kota, seperti Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Madiun, Surabaya, Probolinggo hingga Jember dan kota-kota transit lainnya pada perjalanan kereta api baru ini.

"Kami memberlakukan tarif promo untuk menarik minat calon penumpang, dimana tarif promo diberlakukan selama satu bulan yaitu mulai hari ini Selasa 1 November sampai 30 November 2016," katanya.

Sementara itu untuk tarif KA baru ini selama promo, yaitu pada Jarak kurang dari 310 Km kelas eksekutif Rp 210 ribu, bisnis Rp 140 ribu. Untuk jarak tempuh 311-625 Km KA eksekutif dibandrol dengan tarif Rp 240 ribu sedangkan yang bisnis Rp 160 ribu dan untuk jarak 625 Km: KA eksekutif Rp 300 ribu dan bisnis Rp 200 ribu.

"Untuk jadwal perjalanannya dari Cirebon jam 06.05 WIB sampai tujuan Jember jam 22.15 WIB, sementara berangkat dari Jember jam 05.00 WIB sampai Cirebon jam 20.35 WIB," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement