Jumat 14 Oct 2016 08:27 WIB

Facebook dan Google Bangun Kabel Optik Hubungkan AS dan Cina

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Nur Aini
Facebook. Ilustrasi
Foto: Ubergizmo
Facebook. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Perusahaan terkemuka di dunia Facebook dan Google mengumumkan akan bekerja sama untuk membangun kabel optik bawah laut di lautan Samudera Pasifik.  Kabel optik ini rencananya akan menghubungkan antara Los Anglese dan Hong Kong.

Dilansir CNN Money, Kamis (13/10), pembangunan kabel optik yang digagas kedua perusahaan ini akan bekerja sama dengan Pacific Light Data Communication (PLCN) untuk membangun kabel optik dengan panjang mencapai 8.000 mil. Proyek ini dibuat karena Facebook dan Google merasa perlu untuk menyediakan infrastruktur tersendiri, daripada mengandalkan perusahaan telekomunikasi lain untuk membawa informasi mereka ke seluruh dunia.

"Hal ini tentu menggembirakan bahwa perusahaan teknologi global seperti Google dan Facebook telah menjadi co-investor," kata Pemilik Pacific Light Wei Junkang.

Menurutnya, jika selesai maka jaringan ini akan semakin memudahkan komunikasi melalui internet antara Amerika dan Asia. Bahkan PLCN‎ memprediksi akan ada 80 juta orang di Hong Kong yang dapat melakukan panggilan video dengan kualitas HD ke Los Angeles pada waktu yang sama dengan keberadaan jaringan optik tersebut.

Kedua perusahaan ini enggan membeberkan berapa rincian dana yang mereka keluarkan dalam proyek yang cukup besar tersebut. Bahkan Facebook dan Google pun belum mau berkomentar terkait pembangunan kabel optik ini.

Sebelumnya, Facebook dan Microsoft juga telah membangun kabel optik bawah laut di sekitaran samudera Atlantik. Sedangkan proyek antara Facebook dan Google kali ini diharap bisa rampung pada 2018. Jika selesai, maka kedua perusahaan ini akan semakin mudah menjangkau pasar Asia yang memiliki banyak pengguna internet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement