Selasa 11 Oct 2016 21:16 WIB

Jasa Marga Berencana Terbitkan Obligasi Tahun Depan

PT Jasa Marga Tbk (Persero)
Foto: antara
PT Jasa Marga Tbk (Persero)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  PT Jasa Marga Tbk (JSMR) merencanakan untuk menerbitkan surat utang atau obligasi sebesar Rp 8 triliun pada 2017 mendatang untuk pembayaran kembali (refinancing) utang jatuh tempo dan mendukung pembiayaan proyek.

"Kebanyakan untuk bayar obligasi, untuk tahap awal kita akan terbitkan pada kuartal I 2017, namun kita lihat pasarnya terlebih dahulu," kata Direktur Keuangan Jasa Marga Anggiasari Hindratmo ketika ditemui di Bursa Efek Indonesia, di Jakarta, Selasa (11/10).

Ia mengatakan, jumlah obligasi yang akan diterbitkan itu merupakan bagian dari penawaran umum berkelanjutan (PUB) obligasi Jasa Marga dengan total nilai sebesar Rp 19 triliun hingga 2019 mendatang.

Awalnya, Anggiasari mengemukakan pihaknya akan menerbitkan obligasi pada tahun ini. Namun, ditunda karena Jasa Marga akan melakukan penawaran umum terbatas atau rights issue. "Kita rights issue dulu untuk memperbaiki struktur permodalan," ucapnya.

Dalam prospektus ringkas disebutkan, Jasa Marga mendapatkan persetujuan dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) untuk menerbitkan sebanyak-banyaknya 491.465.665 saham baru dengan nilai nominal Rp 500 per saham. Estimasi jumlah dana yang akan diterima oleh perseroan sekitar Rp 1,785 triliun.

Dalam mengembangkan usaha, Anggiasari juga mengatakan bahwa pembiayaan yang disiapkan perseroan tidak hanya berupa dana tunai, perseroan juga menggunakan mekanisme Contractor Pre Finance (CPF) dalam pendanaannya. "Beberapa ruas jalan tol menggunakan CPF. Jadi, kontraktornya yang bayar lebih dulu," kata Anggiasari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement