Selasa 04 Oct 2016 20:00 WIB

Indonesia dan Swedia Kerja Sama Transportasi

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Yudha Manggala P Putra
Menhub Budi Karya Sumadi
Foto: Republika/ Maman Sudiaman
Menhub Budi Karya Sumadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia meningkatkan kerja sama di bidang transportasi dengan Swedia. Itu ditandari dengan penandatanganana Letter of Intent bidang transportasi yang dilakukan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Perdagangan dan Urusan Uni Eropa Swedia Ann Linde di Kantor Kementerian Perhubungan, Selasa (4/10).

Budi menjelaskan, Swedia mengusulkan penandatangan Letter of Intent antara pemerintah kedua negara dengan tujuan lebih meningkatkan kerja sama sektor transportasi darat, laut, udara, dan perkeretaapian.

Budi menjelaskan letter of intent ini merupakan langkah awal untuk mengembangkan kerja sama di bidang transportasi secara luas dan dapat dijadikan sebagai acuan untuk memperdalam kerja sama bidang transportasi melalui pengaturan lanjut berupa Memorandum of Understanding (MoU)/Agreement.

"Produsen otomotif Bus Scania dan Volvo ingin memproduksi sarana transportasinya di Indonesia. Selain itu Swedia ingin bekerja sama di bidang perkeretaapian dan pendidikan. Hubungan baik ini harus kita kapitalisasi jangan terbatas kita hanya sebagai user saja," ujar Budi di Kantor Menhub, Selasa (4/10).

Penandatangan Letter of Intent tersebut menegaskan kembali komitmen Indonesia dan Swedia untuk meningkatkan agenda bersama untuk masa yang akan datang dan memperkuat kerjasama serta berbagi pengetahuan, pengalaman, dan visi dalam solusi berkelanjutan yang efektif dan efisien di sektor transportasi.

"Sangat penting bagi kami untuk menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan Indonesia dan kami akan bekerja sama lebih lanjut dengan pemerintah Indonesia, dunia usaha, dan akademisi untuk membuat solusi berkelanjutan di bidang infrastruktur dan juga untuk solusi masa depan di bidang transportasi," ujar Ann Linde.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement