Senin 05 Sep 2016 15:04 WIB

Telkomsel Jaring Pembuat Film di Yogyakarta

Rep: Yulianingsih/ Red: Dwi Murdaningsih
Proses pembuatan film pendek. (ilustrasi)
Foto: Nokia Indonesia
Proses pembuatan film pendek. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Telkomsel menggelar kompetisi video pendek untuk para pembuat filmdi Kota Yogyakarta. Kompetisi video pendek ini dibuka untuk umum dan mengambil tema connecting lives. Pemenang dari kompetisi ini akan dikirim ke Bangkok untuk mewakili Indonesia di ajang The 5-Min Video Challenge.

Untuk menarik minat moviemaker di Yogyakarta, Telkomsel melakukan workshop moviemaker di Institute Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Senin (5/9). Workshop moviemaker ini menghadirkan sutradara muda Indonesia Fajar Nugros. Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Yogyakarta ikut dalam kesempatan itu.

Menurut General Manager (GM) Sales Region Jawa Tengah (Jateng) dan DI Yogyakarta, Djony Heru Suprijana, kompetisi yang digelar Telkomsel ini merupakan kesempatan bagi filmaker dan videomaker Indonesia termaasuk Yogyakarta agar karyanya lebih dikenal hingga tingkat internasional.

"Melalui kompetisi ini juga kita berharap dari Kota Yogyakarta akan lahir moviemaker muda yang mendunia," ujarnya.

Program ini menurut Djony, diinisiasi salah satu pemegang saham Telkomsel yaitu Singtel Group. Kompetisi inipun diikuti semua operator seluler yang tergabung dalam Singtel Group yaitu Singtel sendiri ((Singapura, Optus (Australia), AIS (Thailand), Airtel (India dan Afrika), Globe (Filipina) dan Telkomsel (Indonesia).

Kompetisi sendiri terbagi dalam kategoru domesik dan regional yang bertujuan untuk menghubungkan ppara pengguna seluker melalui konten video. Dari hasil kompetisi setiap negara akan diambil dua untuk dikirim ke Bangkok mengikuti final kompetisi tersebut bersama 7 negara lain.

Peserta bisa mengirimkan karyanya ke Telkomsel melalui website resmi perusahaan tersebut. Karya peserta ditunggu hingga 30 September mendatang dan diambil lima terbaik oleh dewan juri pada 3-7 Oktober. Lima karrya terbaik akan dipublish ke konsumen Telkomsel dan dua karya yang paling diminati akan dikirim ke Bangkok.

Kompetisi video chalenge ini memperebutkan hadiah Rp 50 juta untuk juara I dan Rp 25 juta untuk juara 2. Sedangkan kompetis di Bangkok memperebutkan penghargaan sebesar 30 ribu dolar AS dan 15 ribu dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement