REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mastercard Index of Consumer Confidence pada semester I-2016 mencatat tingkat kepercayaan konsumen di Asia Pasifik secara umum stabil dengan ditunjukkan adanya stabilitas tingkat kepercayaan konsumen pada 9 dari 17 negara di kawasan tersebut.
Senior Vice President Mastercard Advisors Asia Pasific, Eric Schneider menyatakan secara keseluruhan tingkat kepercayaan konsumen di kawasan Asia Pasifik hanya menunjukkan perubahan kecil di mana beberapa negara tengah menghadapi krisis.
"Namun, negara-negara berkembang seperti China, India, Vietnam, Myanmar, dan Filipina tetap bertahan dengan tingkat optimisme yang tinggi mengenai prospek perekonomian selama enam bulan ke depan," katanya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (11/8).
Menurut dia, seiring dengan upaya dari negara-negara berkembang di Asia untuk terus mendorong pertumbuhan kawasan tersebut, pemerintah dan perusahaan perlu memastikan adanya kestabilan dan fundamental yang kuat guna menghadapi gejolak eksternal di masa mendatang.
Kawasan Asia Pasifik mengalami peningkatan sebesar 0,05 poin, walaupun demikian kenaikan tersebut belum bisa mengangkat kawasan Asia Pasifik ke batas tingkat optimisme, 60 poin dan hanya berada pada posisi netral. Indeks tersebut dan laporan yang menyertainya tidak ditafsirkan sebagai indikator dari kinerja keuangan Mastercard.