Rabu 03 Aug 2016 19:17 WIB

Angkasa Pura II akan Bangun Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nur Aini
Sejumlah calon penumpang berada di area Terminal Keberangkatan di Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten,Sabtu (2/7).
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah calon penumpang berada di area Terminal Keberangkatan di Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten,Sabtu (2/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah membangun terminal 3 dan merenovasi terminal 1 dan 2, PT Angkasa Pura (Persero) berencana membangun terminal 4 di bandara Soekarno-Hatta. Pembangunan terminal 4 ini dilakukan untuk menampung jumlah penumpang yang semakin melonjak.

"Kita juga memikirkan untuk membangun terminal ke 4. Terminal ke empat ini harus segera dibangun jangan sampai lonjakan penumpang lebih cepat lagi dan terutama untuk mengurangi beban pemakaian jalan darat tentunya ke depan yang banyak korban," kata Komisaris Utama Angkasa Pura II (Persero), Rhenald Kasali di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (3/8).

Menurut Rhenald, rencana pembangunan terminal 4 saat ini masih dalam pembahasan dan perencanaan design pembangunan terminal. Rhenald mengatakan, pembangunan terminal 4 ini diperkirakan mulai dilakukan pada 2020.

"Terminal 4 sekarang baru taraf diskusi dan design. Dan mungkin kita perlu waktu sekitar empat tahun ke depan," kata dia.

Sementara itu, Plt Dirut Angkasa Pura II (AP II) Djoko Muriatmodjo, menambahkan AP II juga berencana untuk membangun landasan pesawat yang baru di bandara Soekarno-Hatta. Pembebasan tanah pembangunan landasan ketiga ini juga tengah berjalan dan diharapkan dapat selesai pada tahun ini.

"Lokasinya di sebelah utara dari landasan yang sekarang. Untuk mengurangi inefiensi karena kalau pesawat terlalu lama mengantri atau mau mendarat, ini inefisien karena bahan bakar yang dibakar banyak sekali," ucap Djoko.

Landasan pesawat ini akan dibangun sepanjang 3.600 meter sehingga dapat menampung berbagai macam jenis pesawat. Tak hanya itu, AP II saat ini juga tengah menangani perbaikan 13 bandara.

"Bandara Jambi kemarin baru diresmikan, Pontianak akhir tahun ini diresmikan, Pangkal Pinang juga akhir tahun ini diresmikan. Jadi banyak pekerjaan besar yang menjadi beban kami," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement