Senin 01 Aug 2016 11:40 WIB

31 Juta Kg Sampah Terkumpul dari Program Bersih Pantai di Bali

Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) dan Quiksilver Indonesia (QS) membantu menjaga Bali agar tetap bersih dan hijau dengan menginisiasikan program Bali Beach Clean Up (BBCU).
Foto: coca cola
Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) dan Quiksilver Indonesia (QS) membantu menjaga Bali agar tetap bersih dan hijau dengan menginisiasikan program Bali Beach Clean Up (BBCU).

REPUBLIKA.CO.ID, LEGIAN -- Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) dan Quiksilver Indonesia (QS) membantu menjaga Bali agar tetap bersih dan hijau dengan menginisiasikan program Bali Beach Clean Up (BBCU). Melalui BBCU, CCAI dan QS membersihkan 9,7 kilometer garis pantai di Kuta, Legian, Seminyak, Jimbaran, dan Kedonganan setiap harinya dengan mempekerjakan 78 kru. Hasilnya, hingga saat ini BBCU telah berhasil mengumpulkan sampah sebanyak lebih dari 31 juta kilogram sampah dari ke lima pantai tersebut sejak awal dimulainya program ini tahun 2007.

“Sejak tahun 2007, Coca-Cola Amatil Indonesia dan Quiksilver mencanangkan Bali Beach Clean Up untuk menunjukkan bahwa korporasi dapat menjadi solusi, terutama di area di mana mereka beroperasi. Kami percaya semangat positif di balik BBCU dapat menular. Kami berharap akan semakin banyak orang maupun organisasi yang akan berkontribusi dalam memperbaiki lingkungan hidup,” ujar Kadir Gunduz, Presiden Direktur, CCAI.

Keduanya juga menyediakan fasilitas berupa 150 tempat sambah baru setiap tahunnya, 4 traktor, 2 barber surf rake, dan 3 truk sampah untuk mendukung operasional para kru pembersih pantai. Upaya yang berkelanjutan dan kontribusi BBCU terhadap lingkungan mendapat apresiasi dari United Nations World Tourism Organization (UNWTO) dalam ajang UNWTO Awards ke-12 untuk 'Excellence and Innovation in Tourism', di mana BBCU meraih posisi juara ke dua untuk kategori 'Innovation in Enterprises' di awal tahun 2016 lalu.

Sebagai kilas balik dari kegiatan rutin harian BBCU yang telah memberikan berbagai dampak positif, akhir pekan lalu (30/7), CCAI dan QS menggelar kegiatan tahunan, Bali’s Big Eco Weekend (BBEW) untuk mendorong kepedulian dan mendapatkan dukungan lebih banyak lagi dari seluruh masyarakat di Bali untuk melestarikan ekosistem pantai di Bali.

Bali’s Big Eco Weekend 2016 menampilkan perkembangan dari program BBCU dan mencoba untuk menginspirasi sesama untuk berpikir dan melakukan apa yang dapat dilakukan untuk lingkungan hidup yang berkelanjutan melalui berbagai aktivitas ramah lingkungan seperti Padma Challenge, #ROXYFitness 3K Run, #ROXYFitness Yoga, Coke Kicks, Lifesavers Race, Beach Clean Up dan yang paling ditunggu-tunggu, pelepasan tukik.

“Hari ini, kami mengundang masyarakat dan turis di Bali untuk berpartisipasi dan menyaksikan pelepasan 1.000 tukik kembali ke habitatnya, dan berharap agar kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk mengedukasi masyarakat luas mengenai konservasi penyu,” ujar CEO Quiksilver South Pacific, Paul Hudson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement