Rabu 27 Jul 2016 13:17 WIB

PGN, Kini Jadi BUMN Gas Terbesar di Indonesia

Sejumlah pekerja sedang memasang jaringan pipa distribusi gas milik PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).
Foto: foto istimewa
Sejumlah pekerja sedang memasang jaringan pipa distribusi gas milik PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) telah membangun dan mengoperasikan pipa gas bumi lebih dari 7.100 kilometer (km). Jumlah ini setara 76 persen pipa gas bumi seluruh Indonesia.

Sejak puluhan tahun silam, PGN terus membangun jaringan gas bumi di berbagai daerah, semua dilakukan untuk mewujudkan cita-cita ketahanan energi bagi Indonesia.

Sri Budi Mayaningsih, salah satu pejabat senior di PGN, mengungkapkan, tak mudah bagi PGN untuk membangun pipa gas bumi nasional. "Kerja keras, integritas dan cucuran keringat dan air mata yang membuat PGN saat ini dapat sejajar dengan perusahaan migas kelas dunia dan BUMN gas terbesar di Indonesia," kata perempuan yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT PGAS Telekomunikasi Nusantara, anak usaha PGN pada Rabu (27/7).

Membangun pipa gas di Indonesia kata dia tidaklah mudah, rintangannya banyak. "Apalagi ini dilakukan sejak era 1970-an di mana harga gas terpaksa dijual dengan murah, karena pada periode itu harga BBM masih murah karena disubsidi pemerintah bahkan sebagian dari impor," kata wanita yang akrab disapa Maya ini.

Ia mengungkapkan, selama beberapa tahun bisnis PGN saat itu hanya menyalurkan gas buatan untuk kebutuhan energi di sektor rumah tangga dan penerangan jalan raya yang merugi. Namun para pimpinan dan karyawan PGN tak patah arang.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement