Jumat 24 Jun 2016 19:55 WIB

Daging Sapi Impor Ilegal Beredar di Bogor

  Pekerja sedang melakukan bongkar muatan daging sapi impor di gudang Bulog, Jakarta, beberapa waktu lalu. (Republika/Tahta Aidilla)
Pekerja sedang melakukan bongkar muatan daging sapi impor di gudang Bulog, Jakarta, beberapa waktu lalu. (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Petugas gabungan Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, menemukan daging sapi impor ilegal asal Australia beredar di sejumlah pasar tradisional.

"Daging sapi impor ilegal ini karena peredarannya tanpa dilengkapi dokumen perizinan yang dikeluarkan Kementerian Perdagangan atas rekomendasi Kementerian Pertanian," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kota Bogor Wina, Jumat.

Ia menjelaskan, tim gabungan dari Dinas Pertanian, Sekretariat Daerah Bidang Perekonomian serta kepolisian menemukan sekitar 100 kilogram daging sapi impor ilegal.

Daging sapi impor ilegal tersebut ditemukan di Pasar Kebon Kembang, terdapat empat karton yang masing-masing berisi 25 kilogram daging sapi impor. "Kami melakukan pengecekan, ternyata 'establisment number' dengan kode angka 7 yang tercantum pada label karton tidak terdaftar di Kementerian Pertanian," katanya.

Baca juga, Harga Daging Sapi di Kulon Progo Naik.

Petugas juga menemukan kemasan karton dengan kode serupa di salah satu penggilingan baso yang ada di Pasar Bogor. "Tapi isinya sudah tidak ada, apakah dagingnya sudah digunakan atau dijual oleh pedagang," katanya.

Wina mengatakan tim gabungan akan terus melakukan penelusuran keberadaan daging sapi impor ilegal tersebut di sejumlah pasar tradisional lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement