Ahad 19 Jun 2016 22:57 WIB

Daging Sapi Industri untuk Operasi Pasar Dinilai Hanya Pindahkan Masalah

Rep: Sonia Fitri/ Red: Nur Aini
Penjual daging sapi di Pasar Senen, Jakarta Pusat.
Foto: Antara/Wahyu Putro
Penjual daging sapi di Pasar Senen, Jakarta Pusat.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pengamat Peternakan dari Universitas Padjajaran (Unpad) Rochadi Tawaf menilai langkah pemerintah meminjam daging industri untuk instrumen pengendaliam harga di tingkat konsumen seperti praktik memindahkan masalah. Sebab, ketika daging industri dialihkan untuk Operasi Pasar (OP), pasokan yang biasanya dipakai untuk industri menjadi kosong.

"Gejalanya sudah terlihat, banyak pengusaha industri yang teriak-teriak kekurangan pasokan," kata dia, Ahad (19/6). Seperti diketahui, Pemerintah berencana menggelontorkan 8.110 daging impor produk industri seharga Rp 70 ribu per kilogram agar beredar di masyarakat. Daging akan didistribusikan melalui Toko Tani Indonesia dan ragam kegiatan Operasi Pasar.

Jenis daging yang dijual yakni CL 95 atau daging sop yang juga bisa digunakan untuk cincang rawon. Daging-daging tersebut pada mulanya diperuntukkan untuk kebutuhan industri dan hotel, restoran serta katering (Horeka).

Kelangkaan daging untuk kebutuhan industri, kata Rochadi, membuat harganya naik dan menyulitkan usaha daging olahan. "Tukang bakso yang tadinya dapat pasokan untuk membuat bakso dikuras habis karena daging yang impor untuk OP datangnya bulan depan," tuturnya.

Harga tinggi untuk daging yang tadinya dianggap masalah di tingkat konsumen, kata dia, kini berpindah ke tingkat pelaku industri. Di sisi lain, pemerintah menurutnya telah menutup mata dan telinga untuk keinginan memeroleh daging murah dengan cara apapun.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement