REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -- Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Chicago mempromosikan produk kuliner natural dan organik Indonesia dalam National Restaurant Association (NRA) Show di McCormick Place, Chicago, Amerika Serikat (AS). Pameran ini merupakan ajang berkumpulnya seluruh restoran di AS.
"Kami ingin banyak restoran Indonesia tumbuh di Amerika, sebab semakin banyak restoran Indonesia maka makin mudah mempromosikan produk-produk kuliner Tanah Air," ujar Kepala ITPC Chicago Wijayanto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (31/5).
Menurut Wijayanto, salah satu cara terbaik untuk memperkenalkan produk makanan dan minuman Indonesia di AS yakni melalui restoran. Hal tersebut sudah dilakukan oleh Thailand, Jepang, dan Cina. Kuliner dari ketiga negara ini cukup terkenal di AS karena mereka banyak mendirikan restoran di AS.
"Industri kuliner di Amerika saat ini berkembang cukup pesat, dan banyak tumbuh restoran-restoran baru seiring dengan tumbuhnya kultur suka mencoba makanan di antara masyarakat Amerika," kata Wijayanto.
Dalam pameran tersebut Indonesia menghadirkan produk turunan kelapa, seperti santan, air kelapa, gula kelapa organik, keripik kelapa, dan minyak kelapa. Selain itu, Indonesia juga menyajikan teh organik, bumbu- bumbu natural, dan sambal spesial yang dibuat khusus oleh restoran Indonesia yang ada di Chicago yaitu Rickshaw Republic. Perusahaan Indonesia yang ikut serta pada pameran ini antara lain Javara, Tehku, Kara, Glopac, dan Firna Glassware.
Produk yang menarik perhatian para buyers adalah produk kelapa. Wijayanto mengatakan, ada beberapa permintaan produk kelapa seperti gula kelapa dan santan dari pembeli AS.
Industri restoran tidak hanya membutuhkan bahan baku makanan tapi juga peralatan masak. Oleh karena itu, Indonesia juga memamerkan produk gelas dari Firna dan gelas kertas dari Glopac. Menurut Wiajayanto, salah satu kriteria penting untuk dapat ikut serta yakni produknya inovatif dan sudah siap masuk pasar AS.