Ahad 29 May 2016 19:19 WIB

Harga Daging dan Telur Ayam di Yogya Terus Naik

Rep: Yulianingsih/ Red: Nur Aini
Pedagang daging ayam melayani pembeli, ilustrasi
Foto: Republika/ Edi Yusuf
Pedagang daging ayam melayani pembeli, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Harga daging ayam dan telur ayam ras di Kota Yogyakarta terus mengalami kenaikan. Harga daging ayam saat ini mencapai Rp 33 ribu per kilogram dan harga telur ayam mencapai Rp 22 ribu per kilogram. Harga ini naik signifikan dari harga pekan lalu yang hanya Rp 30 ribu per kilogram untuk ayam dan Rp 19 ribu per kilogram untuk telur ayam.

Menurut Murtini (32 tahun), pedagang ayam di Pasar Giwangan, Yogyakarta, harga daging ayam ini akan terus meningkat hingga menjelang Lebaran mendatang. "Sejak minggu lalu sudah naik terus," katanya, di Yogya, Ahad (29/5).

Hal senada diungkapkan Purwanto (39 tahun), pedagang bahan pokok di Pasar Giwangan. Menurut dia, harga ayam mengalami kenaikan sejak seminggu terakhir. "Setiap hari naik Rp 500 sampai Rp 1.000 per kilogramnya," katanya.

Menurut dia, banyak masyarakat membeli telur ayam untuk kebutuhan membuat kue Lebaran sehingga harganya terus mengalami kenaikan. Harga telur ini, menurut dia, akan terus naik hingga pertengahan bulan puasa mendatang.

Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) DIY Sigit Tedjo Mulyono mengatakan, pihaknya belum bisa melakukan operasi pasar untuk daging ayam. Saat ini operasi pasar yang dilakukan masih sebatas terhadap bahan pokok dan bawang merah. "Untuk bawang merah sudah kita gelontor sedikitnya 600 kilogram dan terus akan kita tambah," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement