Rabu 25 May 2016 21:55 WIB

Etika Harus Ditanamkan Jika Ingin Sukses dan Mandiri

Mien Uno gelar Lokakarya melibatkan para pengusaha UKM, Rabu (25/5). (Republika/Maman Sudiaman)
Foto: Republika/Maman Sudiaman
Mien Uno gelar Lokakarya melibatkan para pengusaha UKM, Rabu (25/5). (Republika/Maman Sudiaman)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Etika merupakan falsafah moral yang harus ditanamkan setiap individu yang ingin menjadi sukses dan mandiri. Dengan memiliki landasan ini, setiap individu akan memiliki integritas yang juga akan membentuk karakter seseorang secara utuh.

Pesan itu diungkapkan pendiri Mien R Uno Foundation (MRUF) Rachmini Rachman atau Mien R. Uno saat menjadi narasumber utama dalam acara pembekalan kepada puluhan pegiat Usaha Kecil Masyarakat (UKM) dan profesional, Rabu (25/5).

Dalam lokakarya bertajuk “Menjadi Individu Hebat Individu Mandiri” tersebut, Mien menjadi pembicara seminar dengan topik ” Meningkatkan kualitas diri melalui integritas”.

"Sebuah pribadi akan lebih bermartabat dan terhormat dalam menjalankan usaha ketika ia memiliki integritas,” ujar pendiri Lembaga Pendidikan Duta Bangsa bersama Anita Chairul Tanjung ini seperti dikutip dari keterangan tertulis diterima Republika.co.id, Rabu (25/5).

"Pendidikan etika memiliki peranan yang sama pentingnya dengan pendidikan apapun dan saya bertujuan untuk mengkomunikasikan materi ini dengan baik pada kesempatan ini,” tambah dia.

Lokakarya yang bertujuan membentuk kemandirian pengusaha ini digelar di Rumah Kreatif Uno Lantai 2 di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (25/5).  Acara diikuti peserta tergabung dalam Yayasan Berlari Untuk Berbagi, Indonesia Setara, INOTEK, Mien R. Uno Foundation, dan Yayasan Abang Mpok Sayang Anak (Yamsa)  juga dihelat seiring perayaan ulang tahun Mien R Uno ke-75 tahun pada Senin (23/5).

Selain menjadi narasumber utama, Mien juga merangkul pengusaha muda lainnya di bidang IT, Parlin Pasaribu selaku pemilik ukmmarket.com yang mengangkat tema ”Internet of Things” dalam mendukung para pelaku UKM untuk lebih peka dalam melihat peluang di era digital.

Sementara itu materi “Entrepreneur Skill” disampaikan pengusaha muda Indonesia Sandiaga Salahudin Uno, yang tak lain adalah putra kedua dari Mien R. Uno sendiri.

Tiga tema tersebut diangkat karena bagi Mien perpaduan antara etika, IT dan kemampuan kewirausahaan menjadi aspek penting dalam dunia bisnis dan ke depannya akan menjadi acuan dasar bagi para pengusaha untuk menjalankan bisnis yang berdampak sangat besar bagi kemajuan usaha mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement