Senin 16 May 2016 14:24 WIB

Pekan Depan, FSRU Lampung Serap Kargo LNG Ketiga dari Tangguh

FSRU Lampung.
Foto: PGN
FSRU Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG -- Fasilitas Floting Storage and Regasification (FSRU) Lampung yang dikelola PT PGN LNG Indonesia anak usaha PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) pekan depan akan kembali menyerap satu kargo LNG (gas alam cair) dari Kilang LNG Tangguh, Papua.

"Ini kargo ketiga yang akan diserap dari total 8 kargo LNG yang dialokasikan dari Kilang Tangguh tahun ini," kata Direktur Utama PT PGN LNG Indonesia, Mugiono, Senin (16/5).

Satu kargo LNG setara dengan 137.700 meter kubik. Kargo LNG ketiga tersebut dijadwalkan datang pada 26 Mei 2016. Mugiono mengungkapkan, LNG dari FSRU Lampung tersebut akan memperkuat pasokan gas bumi PGN khususnya untuk pelanggan di Jawa Bagian Barat dan Sumatera Bagian Selatan.

"Pekan depan kapal LNG dari Tangguh akan merapat ke FSRU Lampung," ujar Mugiono.

Sebelum disalurkan, LNG tersebut melalui proses reagasifikasi (mengubah dalam bentuk cair ke gas). Dari FSRU Lampung gas tersebut mengalir melalui pipa bawah laut menuju stasiun penerima di Labuan Maringgai yang terhubung dengan pipa South Sumatera West Java (SSWJ). Sehingga, gas tersebut dapat didistribusikan ke pelanggan PGN di Jawa bagian Barat dan Sumatera bagian Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement