REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Persero) atau Taspen berupaya meningkatkan layanan kepada peserta melalui penyelenggaraan Program Asuransi Sosial PNS. Program ini terdiri dari Program Tabungan Hari Tua dan Program Pensiun.
Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro mengatakan sejumlah inovasi terus dilakukan Badan Usah Milik Negara (BUMN) tersebut seperti optimalisasi mobil Layanan Taspen.
"Implementasi layanan SMS notifikasi sebagai layanan manfaatkan teknologi untuk memberikan informasi kepada peserta dengan lebih cepat dan akurat mengenai hak dan kewajibannya," ujar Iqbal dalam keterangan tertulis, Ahad (24/4).
Ia menambahkan, Taspen juga telah mengimplementasikan layanan 1 jam (Sertifikasi dari TUV NORD ISO 9001:2008) secara konsisten kepada peserta, dan sosialisasi Call Center Taspen sebagai sarana informasi dan keluhan pelanggan yang mudah diakses peserta.
"Upaya otentikasi berkala sebagai updating data peserta pensiun mendukung pembayaran pensiun secara tepat. Sosialisasi mengenai Taspen Mobile Application sebagai layanan Taspen yang diakses melalui smartphone peserta," ungkapnya.
Selain itu, pembayaran TAPERUM kepada peserta, optimalisasi web service melalui e-Klim Taspen, e-SPTB, e-SPT, dan e-Procurement, serta meningkatkan kerjasama dengan mitra bayar dan mitra kerja Taspen melalui office chanelling, Layanan Kunjungan Nasabah, dan Aplikasi SIM Gaji.