Ahad 10 Apr 2016 16:48 WIB

Akses Informasi Rumah Murah Online Dirintis

Rep: Sonia Fitri/ Red: Achmad Syalaby
Rumah Murah (ilustasi)
Foto: Republika/Wihdan
Rumah Murah (ilustasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Direktorat Jendral Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) membuka soft launching website dengan domain www.ppdpp.id. Keberadaan web tersebut diharapkan dapat memudahkan publik terutama masyarakat berpendapatan rendah (MBR) mengakses informasi terbaru seputar rumah murah dan layak.

"Termasuk transparansi program dan capaian-capaian yang telah dilakukan pemerintah," kata Direktur Utama PPDPP Budi Hartono dalam rilis pekan lalu. Ia menyebut, seecara total dari 2010 sampai 2016 sudah ada sebanyak 438.196 unit rumah dengan nilai Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) Rp 22.653 triliun. Adapun penyalurannya telah melalui 10 Bank Nasional dan 15 BPD.

Direktur Operasi PPDPP Nostra Tarigan mengharapkan keberadaan website akan mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi. Hal tersebut sebagaimana dengan tagline PPDPP yang dicantumkan dalam website yakni "Cara Mudah Miliki Rumah". 

Sejauh ini, FLPP bisa diakses oleh masyarakat berpenghasilan di bawah Rp 4 juta. Sejumlah kemudahan yang diberikan yakni uang muka ringan, bebas PPn dan cicilan hingga 20 tahun. "Website ini tidak hanya berisi fitur informasi mengenai kegiatan PPDPP tetapi juga sejumlah informasi yang langsung bisa digunakan oleh masyarakat," lanjutnya.

Misalnya informasi berupa peta interaktif sebaran FLPP, BI rate, tingkat inflasi, survei harga properti, hingga finansial kalkulator. Masyarakat pun dapat menghitung skema pembiayaan yang cocok dengan kemampuan mereka sendiri.

Ke depan, PPDPP  juga akan bekerja sama dengan pengembang untuk menyediakan informasi terkait progres perumahan. Pada kesempatan yang sama, PPDPP juga meluncurkan buletin Griya MBR. Buletin akan berisi berbagai rubrik yang bermanfaat termasuk konsultasi hukum terkait perumahan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement