Rabu 23 Mar 2016 20:34 WIB

Target Inflasi 2016 Diragukan Tercapai, Ini Kata Darmin

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Nidia Zuraya
Inflasi, ilustrasi
Foto: Pengertian-Definisi.Blogspot.com
Inflasi, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah kalangan menilai bahwa keinginan menekan inflasi di angka 4 persen agak sulit dicapai. Hal ini dikarenakan inflasi dari bahan makanan diperkirakan masih akan tinggi.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, pihaknya memang masih mencari tahu pegangan kepastian mengenai inflasi untuk bahan makanan. Terlebih dengan efek El-Nino yang melanda sebagaian besar wilayah Indonesia, ‎bisa membuat produksi pangan sulit diprediksi.

"Seberapa persen dari produksinya (bahan makanan), kita cari tahu. Supaya kita tahu berikutnya di bulan Oktober-Novermber itu (bahan makanan) cukup atau tidak," ujar Darmin di kantornya, Rabu (23/3).

‎Darmin mengatakan, sejauh ini Kemenko Perekonomian telah berkoordinasi dengan Kementrian Pertanian untuk melihat sejauh apa dampak dari El-Nino. Agar pemerintah tidak kecolongan dengan harga pangan yang tiba-tiba melonjak.

"Tapi Kementan bilang lahan cukup luas. Jadi artinya kita cukup cermat untuk mengantisipasi jangan sampai harga naik," katanya menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement