Senin 21 Mar 2016 22:13 WIB

Pembayaran dengan Kartu E-Toll Percepat Transaksi

Rep: C37/ Red: Nur Aini
 Petugas menawarkan kartu e-toll kepada pengguna jalan tol usai di laksanakanya Launching e-Payment Toll di Pintu Gerbang tol Jati Asih, Jakarta, Senin (21/3). (Republika/ Prayogi)
Foto: Republika/ Prayogi
Petugas menawarkan kartu e-toll kepada pengguna jalan tol usai di laksanakanya Launching e-Payment Toll di Pintu Gerbang tol Jati Asih, Jakarta, Senin (21/3). (Republika/ Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- PT Jasa Marga bekerja sama dengan empat bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bank BRI, BNI, Bank Mandiri dan BTN dalam pembayaran elektronik tarif tol atau e-payment toll dengan kartu e-money. Dengan sinergi ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan jika transaksi di tol akan lebih cepat tiga kali lipat dan dapat mengurangi kemacetan.

"Kalau di gardu agak lama ya dengan cash butuh waktu 6-7 detik, kalau semua bisa pakai kartu tol ini semua kecepatannya bisa 3x lipat," kata Menteri BUMN Rini Soemarno saat peluncuran e-payment toll di di Kantor PT Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (PT JLJ), anak perusahaan Jasa Marga, Bekasi, Senin (21/3).

Menurut Rini, komitmen kerja sama ini dilakukan sejak Agustus 2015, dan baru dapat terlaksana saat ini. Sebelumnya penggunaan e-money untuk tol ini masih dimonopoli oleh Bank Mandiri sejak 2010.

"Kalau setelah dilihat atau dipelajari, Jasa Marga tiap transaksi di gardu tol 170 juta transaksi, baru kira-kira 20 persen yang menggunakan e-money," ujarnya.

Rini pun berterima kasih kepada Dirut Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin karena mau membuka diri dan mau bekerja sama dengan seluruh bank BUMN agar dapat menggunakan e-money untuk pembayaran tol. Kerja sama ini merupakan yang terakhir sebelum Budi lengser jadi Dirut Mandiri pada Senin (21/3).

Nantinya, nama kartu keempat bank BUMN ini adalah e-toll card. Rini mengaku telah menghimbau keempat bank BUMN untuk mempermudah beli kartu tol dan isi ulang. Selain itu, ia juga akan menghimbau Pertamina supaya di semua SPBU Pertamina bisa isi ulang kartu.

"Saya minta Pak Hari (Kepala Badan Pengelola Jalan Tol) agar seluruh investor jalan tol mau menggunakan e-toll ini. Mau pakai e-toll, sehingga jalan semakin lancar. Khususnya di waktu-waktu macet seperti Lebaran, Natal, dan hari-hari lainnya," ujarnya.

Peluncuran pembayaran elektronik tol nasional ini dilakukan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, di Kantor PT Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (PT JLJ) anak perusahaan Jasa Marga yang mengelola Ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) pada Senin (21/3). Launching ini juga dihadiri oleh Dirut PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Budi Gunadi Sadikin, Dirut PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Asmawi Syam, Dirut PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Achmad Baiquni, Dirut PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Maryono dan Dirut PT Jasa Marga Tbk Adityawarman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement