Senin 21 Mar 2016 15:14 WIB

Rini Minta eToll Diskon 10 Persen

 Petugas menawarkan kartu e-toll kepada pengguna jalan tol usai di laksanakanya Launching e-Payment Toll di Pintu Gerbang tol Jati Asih, Jakarta, Senin (21/3). (Republika/ Prayogi)
Foto: Republika/ Prayogi
Petugas menawarkan kartu e-toll kepada pengguna jalan tol usai di laksanakanya Launching e-Payment Toll di Pintu Gerbang tol Jati Asih, Jakarta, Senin (21/3). (Republika/ Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri BUMN Rini Soemarno meminta PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan potongan hingga 10 persen untuk pembayaran elektronik jalan tol (e-payment toll) agar menarik minat masyarakat.

"Saya imbau ada potongan pembayaran semacam bonus bagi konsumen yang menggunakan e-money (uang elektronik) dalam transaksi tol. Misalnya, jika membeli Rp100.000 maka, pengguna mendapat sebesar Rp110.000," kata Rini, di sela meluncurkan integrasi e-money empat Banu BUMN, di Gardu Tol Jati Asih, Bekasi, Senin.

Menurut Rini, untuk menarik minat pengguna tol memakai uang elektronik, Jasa Marga sebagai pengelola tol memberikan semacam potongan pembayaran.

"Penggunaan kartu elektronik dalam transaksi setiap gardu tol saat ini masih berkisar 20 persen. Ini perlu ditingkatkan, selain untuk lebih efisien, juga volume transaksi pembayaran bisa lebih tinggi," ujar Rini.

 

Ia mencontohkan, dengan penggunaan e-toll nantinya jalan tol yang selama ini macet bisa perlahan diatasi terutama pada ruas-ruas yang ramai dilalui masyarakat saat menjelang Hari Raya Idul Fitri, Tahun Baru, maupun saat memasuki libur panjang.

"Jalan tol itu idealnya harus cepat dan mengalir. Dengan menggunakan kartu elektronik transaksi tol bisa 3 detik, sudah lebih cepat dibanding pembayaran secara manual sekitar 7 detik," tegasnya.

Selain itu, Rini juga mengimbau PT Pertamina (Persero) untuk mengambil manfaat dari integrasi e-money 4 bank BUMN tersebut.

"Pertamina di setiap SPBU yang ada sepanjang jalan tol dapat melayani isi ulang e-toll card, termasuk pembayaran pengisian bahan bakar dengan uang elektronik," ujar Rini.

Sementara itu, Dirut Jasa Marga Adityawarman mengatakan pada tahap awal pembayaran tol dengan menggunakan e-money empat bank BUMN dapat digunakan di bebeapa ruas tol, meliputi ruas Tol JORR (Kebon Jeruk-TMII-Cilincing), ruas Tol Ulujami-Pondok Aren

Selanjutnya ruas Tol Jakarta-Tangerang, dan ruas Tol Bogor outer Ring Road (BORR), serta akan menyusul 14 ruas tol lainnya yang akan diimplementasikan secara bertahap.

"Untuk tahap kedua, akan segera diimplementasikan pada ruas tol Jakarta-Cikampek, dan akan mulai Jagorawi dari Cawang sampai Cibubur," kata Adityawarman.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement