Kamis 17 Mar 2016 15:17 WIB

Gappindo: Pemerintah Harus Benahi Aturan Penangkapan Ikan

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nidia Zuraya
Ikan tangkapan nelayan Indonesia
Foto: Dokumentasi
Ikan tangkapan nelayan Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA NAIRA -- Ketua Gappindo, Herwindo, mendesak pemerintah agar membenahi aturan-aturan penangkapan ikan. Menurut dia, selama ini para nelayan mengalami kesulitan lantaran adanya aturan-aturan baru.

"Selama ini di perikanan, ada masalah-masalah peraturan-peraturan menteri yang selalu ga ada solusinya. Kita harapkan ada solusinya," kata Herwindo saat melakukan kunjungan kerja bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Banda Naira, Maluku Tengah, Kamis (17/3).

Salah satu aturan yang dikeluhkan yakni adanya moratorium kapal. Herwindo menilai, kementerian hanya dapat mengeluarkan aturan tanpa memberikan solusi yang baik bagi nelayan. " Yang kita harapkan ada solusi jangka pendek atau jangka panjang," ujar dia.

Ia menjelaskan, pelestarian dan pemanfaatan ekonomi harus dapat berjalan secara seimbang. Namun, aturan-aturan yang dikeluarkan justru seolah-olah saling membenturkan.

Herwindo mengatakan, selain melakukan pelestarian alam, pemerintah juga perlu memperhatikan kesejahteraan nelayan. Ia pun berharap, kehadiran JK meninjau kondisi para nelayan di Banda Naira dapat memberikan solusi yang tepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement