Rabu 16 Mar 2016 13:43 WIB

LKM Potensial Jadi Mitra Efektif Perbankan

BPR, ilustrasi
BPR, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dinilai sangat potensial menjadi mitra bagi perbankan di Tanah Air karena berbagai kemampuan adaptif yang dimilikinya. Terutama karena LKM mampu beradaptasi dengan menyesuakian sumber daya yang dimiliki dengan permintaan pasar.

Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Choirul Djamhari dalam acara Launching of OJK International Center for Microfinance and Financial inclusion and International Seminar di Jakarta, Selasa (15/3). Dengan begitu, ujar dia, LKM mampu membuktikan diri menjalankan operasi kerja yang efisien dan terhindar dari segala bentuk pemborosan.

"Selain itu, LKM itu gesit dalam menentukan skala bisnis karena cenderung lebih memahami medan atau segmen di wilayahnya ketimbang bank," kata berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id. Pada praktiknya, LKM cenderung sangat efisien karena tidak memiliki beban yang disebut "sunk cost" atau biaya investasi besar yang tidak akan kembali.

"Oleh karena itu, bank-bank perlu lebih serius menjadi mitra LKM," katanya. Apalagi, ia menambahkan, LKM kini sebagian besar telah melengkapi diri dengan infrastruktur dan teknologi terkini sehingga perbankan tinggal memanfaatkan jaringan yang dimiliki LKM. Selama ini di samping koperasi, LKM banyak menjadi tumpuan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengakses pembiayaan karena banyak dari mereka yang belum memiliki persyaratan yang memadai untuk mengakses perbankan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement