Jumat 11 Mar 2016 08:39 WIB

IMF Peringatkan Proyeksi Pertumbuhan Global Bisa Turun

Dana Moneter Internasional (IMF)
Foto: www.topnews.in
Dana Moneter Internasional (IMF)

REPUBLIKA.CO.ID, MUMBAI -- Dana Moneter Internasional (IMF) dapat memangkas proyeksi pertumbuhan global lebih lanjut dalam beberapa minggu mendatang. Penasehat Keuangan IMF Jose Vinals pada Kamis (10/3) menyerukan para pembuat kebijakan untuk mengambil langkah-langkah komprehensif guna memperkuat ekonomi mereka.

Pada Januari, IMF memproyeksi pertumbuhan global 3,4 persen pada 2016 dan 3,6 persen pada 2017. Angka proyeksi tersebut turun sebesar 0,2 persen dari proyeksi terakhir pada Oktober 2015.

"Hal ini sangat mungkin bahwa pada saat kami tiba di pertemuan musim semi bulan depan mungkin ada revisi turun lebih lanjut dalam perkiraan kami," kata Vinals selama acara yang diselenggarakan oleh bank sentral India, Reserve Bank of India.

Peringatan serupa juga pernah disampaikan pada bulan lalu oleh Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde. Lagarde mengatakan ekonomi global bisa tergelincir kecuali pembuat kebijakan mengambil tindakan kolektif.

Menurut Vinals, biaya keterlambatan akan menjadi mahal dalam hal pertumbuhan global. "Saya akan mengatakan bahwa para pembuat kebijakan terhormat perlu mengadopsi tindakan kebijakan mendesak yang lebih komprehensif dan terpadu untuk memperkuat pertumbuhan dan mengelola kerentanan keuangan," tuturnya seperti dilansir Reuters.

Dalam menghadapi kekhawatiran atas pelambatan pertumbuhan di Cina, Vinals mengatakan deleveraging akan menjadi kunci untuk stabilitas keuangan global. Namun dia menambahkan bahwa ia tidak melihat adanya pelambatan secara tiba-tiba pada ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement