Sabtu 05 Mar 2016 15:14 WIB

Data Tenaga Kerja AS Dongkrak Harga Minyak

Red: Nur Aini
Harga Minyak Naik (Ilustrasi)
Foto: Mentalfluss Blogspot
Harga Minyak Naik (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK -- Harga minyak dunia terdorong naik pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena data pertumbuhan pekerjaan AS yang kuat memicu harapan meningkatnya permintaan konsumen.

Patokan AS, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April, melonjak 1,35 dolar AS menjadi ditutup pada 35,92 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange. Di perdagangan London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Mei, patokan Eropa untuk minyak, berakhir pada 38,72 dolar AS per barel, melompat naik 1,65 dolar AS.

Minyak mentah WTI mencatat kenaikan sekitar tiga dolar AS selama seminggu, sementara Brent naik lebih dari 3,5 dolar AS. Ini adalah kenaikan kuat minggu kedua berturut-turut di pasar minyak, setelah berada di bawah 30 dolar AS per barel pada Januari, karena berlanjutnya kelebihan pasokan global.

"Kami melihat banyak investor datang kembali dan sedang bergerak naik lagi," kata Carl Larry dari Frost & Sullivan.

Pada Jumat, kenaikan harga minyak didorong angka pengangguran (AS) yang mengacu pada laporan ketenagakerjaan bulanan Departemen Tenaga Kerja yang diawasi secara ketat. Pertumbuhan lapangan pekerjaan jauh lebih kuat daripada yang diperkirakan pada Februari dan tingkat pengangguran bertahan di 4,9 persen, tingkat terendah dalam delapan tahun.

Beberapa analis menunjukkan bahwa di balik angka ketenagakerjaan, rincian lainnya kurang positif, seperti sedikit penurunan dalam pertumbuhan upah dan bertahannya angka tinggi untuk pekerja paruh waktu. Sementara, jumlah rig minyak AS terbaru dari Baker Hughes menawarkan sinyal berkurangnya produksi minyak mentah AS. Data dari penyedia jasa ladang minyak itu menunjukkan jumlah rig aktif turun sebanyak 13 rig menjadi 489 rig, turun 60 persen dari setahun lalu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement