Senin 29 Feb 2016 11:17 WIB

Kadin Siap Kembangkan Sektor Logistik Indonesia

 Aktivitas bongkar muat peti kemas di Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) Tanjung Priok, Jakarta.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) Tanjung Priok, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyiapkan sejumlah rencana aksi guna mengembangkan sektor logistik nasional yang dinilai masih terhambat mahalnya beban biaya transportasi ke berbagai daerah di Tanah Air.

"Kadin berharap membentuk lembaga formal pengembangan sumber daya manusia (SDM) logistik," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Logistik Rico Rustombi saat membuka lokakarya Sistem Logistik Nasional di Jakarta, Senin (29/2).

Menurut Rico Rustombi, pembentukan lembaga formal pelatihan SDM seperti di bidang supply chain management (manajemen rantai pasokan) merupakan hal yang relatif sangat penting. Selain itu, kata dia, rencana aksi lainnya di bidang logistik antara lain melakukan advokasi berdasarkan hasil kajian dan monitoring atau pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan pemerintah di bidang logistik.

"Lakukan survei 'Logistics Performance Index' (LPI) dalam rangka mengukur efisiensi kinerja logistik nasional," katanya.

Kadin diharapkan juga memiliki agenda tetap yang dilakukan secara transparan dan konstruktif. Hal tersebut dinilai dapat dilakukan misalnya dengan menyelenggarakan dialog terbuka minimal dua kali dalam setahun yang melobatkan pelaku usaha, penyedia jasa logistik, dan pemerintah.

"Kita tidak boleh membiarkan pemerintah berwacana. Kita melihat pemerintah melakukan upaya konkret, tetapi hal itu belum cukup menjawab (persoalan yang ada)," katanya.

Kadin sebagai mitra pemerintah sangat berkepentingan untuk terus memberikan masukan dan mengawasi kebijakan ekonomi di bidang logistik agar sistem logistik nasional dapat mencapai sasaran yang diharapkan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement