Kamis 04 Feb 2016 21:26 WIB

Ekonomi Indonesia akan Membaik pada Kuartal dan Tahun Mendatang

Chief Operation Officer East Spring Investment Indonesia Prem Subramanian, Presdir Eastspring Investment Indonesia Riki Frindos, Chief Investment Officer Investments Indonesia Ari Pitojo berbincang saat Market Outlook 2016 bertajuk The Dawn Of New Era di Jakarta, Rabu (3/2).
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Chief Operation Officer East Spring Investment Indonesia Prem Subramanian, Presdir Eastspring Investment Indonesia Riki Frindos, Chief Investment Officer Investments Indonesia Ari Pitojo berbincang saat Market Outlook 2016 bertajuk The Dawn Of New Era di Jakarta, Rabu (3/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - - Eastspring Investments Indonesia (Eastspring), salah satu manajer  investasi terbesar di Indonesia, cukup optimis bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mengalami perbaikan dalam kuartal-kuartal dan tahun-tahun mendatang.

“Komitmen pemerintah untuk membawa kita menuju era yang baru ini sangat menggembirakan,”  kata Presiden Direktur Eastspring Investments Indonesia  Riki Frindos pada  acara Global & Local Market Outlook yang bertajuk “The Dawn of  a New Era” di Jakarta, Rabu (3/2).

Akan tetapi, kata Riki, ini tentu tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Perlu proses dalam membangun infrastruktur dan kapasitas produksi, yang secara bertahap akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Dalam perjalanannya, kita  akan menghadapi berbagai tantangan baik faktor ekonomi maupun non ekonomi dari dalam maupun luar negeri,” ujar Riki dalam siaran pers yang dikirimkan ke Republika.

Seminar Global & Local Market Outlook 2016  menghadirkan para pembicara dari Eastspring dan pembicara  tamu seperti  Robert Rountree, Global Strategist Eastspring Investments Singapura, dan Destry Damayanti, anggota Dewan Komisaris Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) yang  memberikan paparan mengenai kondisi perekonomian, serta stabilitas makro dan industri keuangan.

Robert Rountree menekankan bahwa,”  Pasar Asia tetap menarik di antara pasar global dan menawarkan potensi pertumbuhan dalam jangka panjang, meskipun saat ini harus melewati ketidakpastian pasar yang tidak menentu dari kenaikan suku bunga Fed di AS, melambatnya pertumbuhan ekonomi China, dan rendahnya harga minyak dunia.”

Ari Pitoyo, Chief Investment Officer Eastspring yang memberikan paparan mengenai prospek ekonomi dan pasar global maupun lokal menjelaskan bahwa, "Pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2016 ini diperkirakan akan lebih baik dari tahun sebelumnya, sehingga laba perusahaan juga dapat tumbuh positif dan terus berkembang dalam jangka panjang ke depannya.”

Acara seminar setengah hari tersebut juga meyajikan topik khusus, seputar ekonomi digital dan  e-commerce.  Selain presentasi dari beberapa pakar e-commnerce, Eastspring juga menghadirkan beberapa pelaku e-commerce sendiri dalam sebuah talkshow interaktif.

“Eastspring percaya bahwa ekonomi digital tidak hanya akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru, tetapi akan menjadi salah satu kekuatan untuk meningkatkan produktivitas ekonomi secara keseluruhan, dan berperan dalam proses transformasi menuju era baru perekonomian Indonesia,” papar Riki Frindos.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement