REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) hari ini melaporkan realisasi program Ayo Menabung dan Berbagi (AMDB) yang telah dilaksanakan sepanjang 2015. Selain bentuk akuntabilitas, inisiatif tersebut menandai berakhirnya program yang pada tahun lalu mulai menyasar siswa dari kalangan Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga L. Wulan Tumbelaka mengatakan, program AMDB adalah kegiatan edukasi masyarakat khususnya bagi para pelajar SD dan SMP untuk lebih mengenal dan kemudian dapat memanfaatkan produk dan jasa perbankan serta menumbuhkan budaya menabung sejak dini.
"AMDB adalah wujud kontribusi langsung kami yang diharapkan berdampak positif terhadap masyarakat, sekaligus dukungan terhadap Gerakan Nasional Literasi Keuangan (GNLK) yang digagas Otoritas Jasa Keuangan," ujar Wulan.
Selama 2015, lanjut Wulan, program AMDB telah dilaksanakan di 40 sekolah di 10 kota di Indonesia. Kegiatan ini telah mengedukasi 5.859 pelajar di Jambi, Kudus, Mataram, Denpasar, Bandar Lampung, Jember, Ambon, Samarinda, Palembang dan Jakarta.
Selain itu, khusus di tahun 2015 dan bertepatan dengan rangkaian hari ulang tahunnya yang ke-60, CIMB Niaga juga melaksanakan kegiatan serupa di 60 lokasi di Indonesia yang diikuti 7.768 pelajar SD dan SMP. "Sehingga, sebanyak 13.627 pelajar di berbagai wilayah Indonesia telah berpartisipasi dalam program AMDB pada tahun lalu," kata Wulan.
Pelajar SD yang mengikuti program AMDB dapat mengikuti aktivitas antara lain Permainan Video Games Edukatif 'Run Banking Run', Permainan Puzzle, Mini Banking Role Play dan Aksi Penanaman Pohon Bersama. Sedangkan aktivitas untuk pelajar SMP terdiri dari CIMB Niaga berbagi Ilmu Perbankan, Kuis Literasi Keuangan dan Digital Writing Competition.
Dijelaskan Wulan, program AMDB juga mengajak para siswa melakukan aksi penggalangan dana untuk disumbangkan kepada rekan-rekannya yang kurang beruntung melalui rekening: 064.01.64927.00.9. Sepanjang 2015, dana yang terkumpul sebanyak Rp300 juta termasuk yang berasal dari masyarakat umum. "Dalam kesempatan yang baik ini, kami mendonasikan dana tersebut kepada Indonesia Heritage Foundation dan Koperasi Kasih Indonesia," tutur Wulan.
Indonesia Heritage Foundation melalui Program Sekolah Benih Bangsa akan menggunakan dana tersebut untuk pelatihan, pembinaan dan pendampingan guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) guna integrasi proses pendidikan karakter anak-anak Indonesia. Penyaluran ini merupakan kelanjutan Program Pelatihan Guru yang telah berlangsung sejak 2012. Adapun Koperasi Kasih Indonesia disalurkan untuk bantuan pendidikan bagi siswa/siswi SMK/Sederajat di wilayah Cilincing, Jakarta Utara, yang merupakan kelanjutan dari program pendidikan sebelumnya yang juga bekerja sama dengan CIMB Niaga.
Pada kesempatan ini, CIMB Niaga juga mengumumkan hasil penilaian dewan juri dimana terpilih 3 pemenang Digital Writing Competition yaitu Gesang Dimas Praja dari SMP Negeri 2 Wlingi, Blitar sebagai juara 1, Feby Yolanda dari SMP Krista Mitra Semarang sebagai juara 2 dan Annida Thifal Qatrunnada dari SMPIT Al-Haraki Depok sebagai juara 3. Juara 1 hingga 3 mendapatkan hadiah masing-masing sebesar Rp5 juta, Rp3 juta dan Rp2 juta. Program ini bertujuan untuk meningkatkan awareness para pelajar SMP tentang pentingnya menabung sejak dini dan berbagi bagi mereka yang membutuhkan.
Wulan juga mengungkapkan rasa gembira dan apresiasinya kepada seluruh stakeholders CIMB Niaga. Pasalnya, atas inovasinya mengembangkan program AMDB, CIMB Niaga berhasil meraih penghargaan 'Excellence in Provision of Literacy & Education Award' dalam ajang The 7th Annual Global CSR Summit & Awards 2015. CIMB Niaga dinilai dan diakui secara internasional sebagai perusahaan yang peduli terhadap upaya peningkatan literasi keuangan (financial literacy) dan kualitas pendidikan di Indonesia, salah satunya melalui program AMDB.
"Kami berharap, ke depannya semakin banyak pelajar yang mengikuti program ini sebagai upaya mencerdaskan generasi penerus dan wujud konsistensi CIMB Niaga mengabdi pada negeri," tutup Wulan.