Rabu 20 Jan 2016 22:47 WIB

KEIN Fokus Industrialisasi

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Djibril Muhammad
Urbanisasi, industrialisasi, dan perkembangan ekonomi mendorong pertambahan penduduk di perkotaan (ilustrasi).
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Urbanisasi, industrialisasi, dan perkembangan ekonomi mendorong pertambahan penduduk di perkotaan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) akan fokus untuk menyusun roadmap atau peta jalan khusus untuk sektor industri.

Peta jalan ini tidak hanya sampai pada tataran teori, namun harus mencapai detail langkah konkret yang harus dijalankan masing-masing kementerian teknis.

"Presiden mengarahkan bahwa Indonesia mau jadi negara basis industri, karena populasi kita besar sekali dengan mayoritas pendidikan rendah," ujar Sekretaris KEIN Putri Wardani kepada Republika.co.id, Rabu (20/1).

Putri menjelaskan, penciptaan lapangan kerja yang besar ada di sektor industri. Melalui peta jalan tersebut, diharapkan Indonesia ke depannya bisa menjadi negara yang mandiri dan tidak bergantung pada impor.

Dengan peta jalan menuju industrialisasi, maka investasi yang diprioritaskan adalah investasi berbasis produksi. Putri mengatakan, presiden sengaja menyatukan ekonomi dan industri karena fokusnya yakni mendorong industrialisasi.

Menurut Putri, untuk bisa menarik investasi masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi misalnya tingkat suku bunga, peraturan perburuhan, dan aturan lainnya yang belum memihak industri. "Itu menjadi pekerjaan rumah KEIN dalam waktu dekat," kata Putri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement