Senin 11 Jan 2016 10:22 WIB

Bekasi Segera Miliki Sentra Industri Kreatif Gratis

Industri kreatif fashion.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Industri kreatif fashion.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Sejumlah pelaku usaha yang tergabung dalam wadah Bekasi Zona Kreatif tengah mempersiapkan sentra aktivitas bagi pelaku usaha kreatif di wilayah setempat.

"Tak terlalu lama lagi, Kota Bekasi akan memiliki tempat pusat aktivitas pelaku industri kreatif dan penggiat sosial yang akan kami fasilitasi secara gratis," kata Managing Director Bekasi Zona Kreatif Adi Samsuito, Ahad (10/1).

Menurut dia, para pelaku komunitas kreatif dan sosial akan memperoleh fasilitas gedung gratis untuk ruang berkreasi yang diberi nama Zona Bekasi Kreatif.

"Untuk penggiat industri kreatif, tempat ini bisa berfungsi sebagai market, showroom produk, dan tempat usaha," katanya.

Sementara itu, bagi penggiat sosial atau komunitas sosial, tempat tersebut bisa dijadikan sebagai tempat berkumpul atau fasilitas kantor.

"Selama ini banyak komunitas sosial yang sudah banyak kontribusinya di tengah masyarakat, tetapi belum memiliki kantor," katanya.

Bekasi Zona Kreatif ini juga berfungsi sebagai tempat pameran produk, diskusi, pelatihan, serta pagelaran seni dan sastra. Di samping itu, Bekasi Zona Kreatif ini memiliki misi untuk meningkatkan kualitas para pelaku industri kreatif sehingga warga Kota Bekasi bisa lebih kreatif dan produktif.

"Para penggiat sosial bisa meningkatkan kinerjanya dan memperluas keterlibatan masyarakat dalam aktivitas sosial," katanya.

Adi memastikan, seluruh fasilitas itu akan diberikan secara gratis kepada pelaku industri kreatif.

"Bahkan, kami akan fasilitasi wifi gratis di dalam gedung," katanya.

Menurut Adi, hingga saat ini pihaknya tengah melakukan pemetaan terhadap pelaku ekonomi kreatif dan komunitas di 12 kecamatan Kota Bekasi.

"Dari pengajuan surat permohonan yang ada, akan dievaluasi oleh tim ahli. Karena yang layak mendapatkan tempat gratis, hanya pelaku ekonomi kreatif yang memenuhi unsur ekonomi kreatif. Sementara itu, untuk kantor komunitas, didasarkan atas aktivitas dan karyanya," ujarnya.

Bagi warga Kota Bekasi yang berminat ikut serta dalam program tersebut bisa follow Twitter @BekasiSmartCity, kemudian mengirimkan pesan langsung pernyataan minat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement