REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Thailand serius menyasar pasar produk halal dengan melakukan berbagai pengembangan dan penguatan.
Wakil Perdana Menteri Thailand Tanasak Patimapragorn mengatakan, penting bagi Thailand untuk mempromosikan produk halalnya karena industri jadi sumber pendapatan nasional, terutama hasil ekspor ke negara-negara anggota OIC.
Di 2016, Pemerintah Thailand akan terus meningkatkan ekspor produk halal secara signifikan. ''Pemerintah Thailand melakukan banyak hal untuk memunculkan daya saing Thailand di kancah dunia,'' kata Tanasak dalam Thailand Halal Assembly 2015, Jumat (25/12).
Dari data Thailand National Food Institute, nilai ekspor produk halal Thailand pada 2014 mencapai 5,8 miliar dolar AS, terbesar di ASEAN. Sektor ini diprediksi tumbuh 5,1 persen pada 2015.
Meski mayoritas ekspor produk halal menyasar negara-negara Islam, Indonesia adalah yang terbesar dengan porsi total ekspor 3,8 persen. Ini tidak mengherankan mengingat laporan States of Global Islamic Economy 2015 menyebut konsumsi produk halal Indonesia di urutan pertama senilai158 miliar dolar AS pada 2014.