REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG – Alfamart bersama dengan anak-anak perusahaannya, Alfamidi, DAN+DAN, serta Lawson, meluncurkan kartu member Ponta bagi seluruh pelanggan setianya.
Corporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman menjelaskan, kerja sama yang dijalin dengan PT Global Loyalty Indonesia tersebut, merupakan upaya perusahaan dalam memberikan value added service bagi pelanggan Alfamart.
“Dengan adanya kartu member Ponta ini, kita bisa memahami karakteristik pelanggan kami, seperti usia, jenis kelamin, hingga produk apa yang paling sering dibeli di toko kami,” ujarnya di sela acara Press Conference 7 juta member kartu Ponta di Tangerang.
Jika data-datanya sudah dimiliki, sambungnya, promosi yang dijalankan bisa lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. “Setiap berbelanja Rp 200 di Alfamart, pelanggan akan memperoleh 1 poin. Jika telah terkumpul, poin tersebut dapat ditukarkan, baik di Alfamart maupun di partner lainnya,” tutur Nur Rachman.
Poin yang didapat member bervariasi besarannya tergantung dari masing-masing partner, tetapi poinnya akan terakumulasi menjadi satu, sehingga pengumpulan poinnya jauh lebih cepat. Poin itu kemudian bisa ditukar dengan berbagai macam produk dan voucher belanja di semua partner Ponta.
Direktur PT Global Loyalty Indonesia, Santoso Kurniadi mengatakan, coalition loyalty program yang bersifat multi partner ini sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi negara maju, seperti di Jepang. Setelah 5 tahun berjalan di Jepang, Ponta (Point Terminal) sukses memiliki lebih dari 72 juta member dengan lebih dari 106 brands yang bergabung dengan Ponta Jepang.
Sejak dijalankan Januari 2015, jumlah member Ponta Indonesia kini telah mencapai 7,2 juta dalam kurun waktu satu tahun, serta menjadi Coalition Loyalty Program nomor satu dan terbesar di Indonesia.
“Ini merupakan alternatif baik bagi perusahaan yang ingin mengembangkan CRM (program keanggotaan pelanggan). Dengan berkoalisi bersama Ponta, 7,2 juta member kami juga bisa menjadi pelanggan perusahaan tersebut. Sehingga potensi untuk meningkatkan penjualan, membangun citra, serta brand awareness perusahaan lebih mudah dan efektif,” papar Santoso.
Santoso menambahkan, Ponta Indonesia saat ini bekerja sama dengan Alfamart, Alfamidi, DAN+DAN, Lawson, Alfaonline, Solaria, Glosis, Sunny Side Up, Klinik Gigi Senyum Ceria dan menyusul yang lain di tahun depan.
Manfaat lain yang dapat dirasakan oleh member Ponta adalah dengan mendapatkan harga dan diskon khusus di tempat-tempat hiburan keluarga seperti Depok Fantasi Waterpark, Jungle Toon & Bukit Wahid Semarang, Marcopolo Waterpark Bogor, The Jungle, Atlantis Waterpark, Gelanggang Samudera Ancol, Layanan Pesan Antar Beras Organik RI 1, Salon Keluarga KiddyCutz, Headquarter, Domicille, Gondola dan menyusul lainnya.