Senin 23 Nov 2015 14:08 WIB

Sandiaga: Pengusaha Nasional Harus Jadi Raja di Negeri Sendiri

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Sandiaga Uno
Foto: ROL/Afif Rahman Kurnia
Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Ketua Umum Dewan Penasehat Kadin Indonesia Sandiaga Uno mengatakan, ke depan sinergi antara Kadin Indonesia dan pemerintah harus berjalan lebih baik. Apalagi, saat ini sedang terjadi perlambatan ekonomi di Indonesia maupun global. 

"Indonesia sebagai pasar yang besar di ASEAN punya tanggung jawab untuk memberdayakan pengusaha nasional, agar bisa menjadi raja di negeri sendiri," ujar Sandiaga usai pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) VII Kadin Indonesia di Bandung, Senin (23/11).

Sandiaga menjelaskan, melalui kepengurusan baru di Kadin Indonesia diharapkan mampu membuat daya dobrak yang kuat dan dapat menjadi mitra pemerintah yang sejajar. Selain itu, menurut Sandiaga, pemerintah juga menunggu kepengurusan Kadin Indonesia yang konkrit dalam memberikan masukan serta formulasi kebijakan. Dengan demikian, kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah bisa sesuai dengan keinginan pelaku usaha. 

Sinkronisasi ini juga dapat memperkuat posisi Indonesia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada awal tahun depan. Sandiaga mengatakan, Kadin Indonesia harus melihat MEA sebagai sebuah peluang untuk menumbuhkan perekonomian di Indonesia. Hal ini dapat berjalan baik jika didukung oleh kebijakan yang mumpuni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement