Jumat 13 Nov 2015 14:11 WIB

KPPU: Stok Beras di Daerah Dikuasai Tujuh Pemain Besar

Beras
Foto: sragen.go.id
Beras

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) membahas isu pemberantasan kartel bahan pangan.

"Jadi tadi pertemuan dengan Presiden itu, kami bicarakan soal isu pemberantasan kartel pangan," kata Ketua KPPU Muhammad Syarkawi Rauf saat konferensi pers usai bertemu Presiden di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (13/11).

Dalam pertemuan ini Presiden Jokowi dan Pimpinan KPPU membahas masalah kartel beras yang pasokannya dikuasai pemain besar beras di setiap provinsi. "Kami melakukan monitorning terhadap 11 provinsi yang merupakan sentra produksi beras nasional. Di masing-masing provinsi itu ada 5-7 pemain besar," katanya.

Syarkawi mengatakan bahwa pemain besar inilah yang mentukan harga dan ini yang akan dipantau KPPU terus. Jika ada tindakan yang mengarah ke antipersaingan, maka pihaknya akan melakukan tindakan. "Pemain besar itu ada 5-7, artinya untuk melakukan persekongkolan itu sangat mudah, makanya kami awasi terus," tegasnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement