Senin 12 Oct 2015 13:34 WIB

Operator Pelabuhan Dubai Lirik Sumsel

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nidia Zuraya
Satu sudut Kota Palembang, Sumatra Selatan.
Foto: Antara
Satu sudut Kota Palembang, Sumatra Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said melakukan pembicaraan bilateral dengan perwakilan otoritas pelabuhan dari Dubai Port Authority Corporation dari Dubai, Uni Emirat Arab.

Sudirman memaparkan, salah satu pokok pembicaraan adalah mengenai rencana investasi Dubai Port untuk membangun infrastuktur pelabuhan yang terintegrasi dengan kawasan industri  Tanjung Api-api di Sumatra Selatan (Sumsel). Tak tanggung-tanggung, pemerintah Indonesia ingin membangun suatu kompleks pelabuhan maju yang setara dengan Pelabuhan Jebel Ali di Dubai.

"Yang mendapat perhatian dari Timteng itu adalah energi tentu saja, kemudian infrastruktur pelabuhan, kawasan industri dan logistik, sampai pada tourism," kata Sudirman, Senin (12/10).

Selain fokus pada pembangunan infrastuktur pelabuhan dan kawasan industri, ternyata Dubai juga ingin berperan dalam pengembangan industri logistik makanan halal. Rencana ini berkaca pada kesuksesan Uni Emirat Arab dalam menjadikan Thailand sebagai hub logistik makanan halal di Asia Tenggara.

"Logistik dan pangan akan menjadi fokus mereka juga, karena mereka investasi sangat besar, bahkan menjadikan Thailand sebagai hub produk makanan halal mereka. Dan kalau kita bisa menjajali peran negara lain, saya kira baik," ujar Sudirman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement