Selasa 06 Oct 2015 16:08 WIB

Apa Sih Tujuan Pengeluaran Orang Indonesia?

Rep: Binti Sholikhah/ Red: Nur Aini
Uang
Uang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Studi yang dilakukan oleh Standard Chartered membeberkan prioritas tujuan pengeluaran orang Indonesia dalam jangka pendek dan menengah. Dalam jangka pendek, responden Indonesia memiliki prioritas pengeluaran pada pendidikan anak.

Sedangkan, dalam dua sampai lima tahun ke depan, orang Indonesia memilih membelanjakan uangnya untuk membeli properti. Namun, dalam rentang yang sama, orang Indonesia juga ingin mengeluarkan uang untuk jalan-jalan ke luar negeri.

Data itu merupakan salah satu hasil dari studi dilakukan pada 7.000 masyarakat kelas menengah di tujuh pasar Standard Chartered yakni Indonesia, Singapura, Cina, Hong Kong, Kenya dan Nigeria. Sebanyak 87 persen responden percaya mereka akan mencapai impian mereka untuk membeli properti atau memiliki usaha sendiri dalam 10 tahun ke depan. 

Chief Executive Officer Retail Banking Standard Chartered Karen Fawcett dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/10), mengatakan rata-rata responden mempunyai rencana untuk menabung sampai 30 persen dari pendapatannya, meningkat dari 26 persen di tahun sebelumnya. Sebagai perbandingan dari ekonomi barat, angka ini lebih besar enam kali lipat dibandingkan angka yang direncanakan oleh masyarakat di Inggris dan Amerika.

Data resmi pemerintah di Inggris dan Amerika menunjukkan bahwa rasio menabung turun ke 4,9 persen pada Juli tahun ini, dimana sebelumnya telah mencapai lebih dari 10 persen pada awal krisis keuangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement